BOPM Wacana

Pusat Pembuangan Sampah USU Siap Akhir Tahun

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Rati Handayani

Gedung Pema USU di Jalan Universitas.| Andika Syahputra
Gedung Pema USU di Jalan Universitas.| Andika Syahputra

USU, wacana.org/arsip  USU sedang membangun pusat pembuangan sampah di dekat Kampung Susuk Pintu 4 USU. Bangunan yang akan selesai dibangun akhir tahun ini tersebut tengah dalam proses pengerjaan. Pembangunan ini dibangun karena melihat kondisi sampah USU yang berserakan dan selama ini semua sampah dikumpulkan di samping auditorium. Begitulah penjelasan Manajer USU ASRI Devin Defriza Harisdani, Kamis (19/9).

Devin mengatakan, wujud pusat pembuangan sampah itu bukan bangunan berupa bak permanen. Namun, di sana nantinya akan disediakan empat mobil pengangkut sampah. Di mana saat dua mobil tengah berkeliling mengangkut sampah, sedang yang dua lagi standbydi pusat pembuangan sampah tersebut. Saat ini, pihaknya pun tengah mengusahakan kerja sama dengan pemerintahan kota untuk menambah mobil pengangkut sampah.

Selain itu, akan ada enam zona disediakannya bak sampah yang tersebar di seluruh USU. Dari fakultas, sampah-sampah diangkut ke titik disediakannya bak sampah itu untuk selanjutnya diangkut ke pusat pembuangan sampah di dekat Kampung Susuk. “Setelah itu dibawa keluar USU untuk dikelola pemerintah kota,” tambah Devin.

Fauziah Hasanah, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat 2012 menyambut baik pembangunan pusat pembuangan sampah USU ini. Namun ia harap zonasi pengumpulan sampah perlu ditambah mengingat kawasan USU yang luas.

Kepala Divisi lingkungan dan Lansekap USU ASRI Luthfi Hakim menambahkan punya rencana jangka panjang membuat pusat pengomposan di belakang bangunan pusat pembuangan USU itu. “Namun yang penting akhir tahun ini, ini (sistem pusat pembuangan sampah USU -red) berjalan dulu,” pungkasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).