BOPM Wacana

Lima Lab FMIPA Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Yayu Yohana

Suasana lam FMIPA pascakebakaran, Kamis (26/9).| Yayu Yohana
Suasana lam FMIPA pascakebakaran, Kamis (26/9).| Yayu Yohana

BOPM WACANA | Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU, terbakar, Kamis (26/9) dinihari sekitar pukul 1.15 WIB. Tidak ada korban jiwa, tetapi si jago merah menghanguskan lima laboratorium (lab) yang ada di lantai tiga tersebut, seperti lab genetika, ekologi, tumbuhan, dan dua lab kecil lainnya.

Effendi, salah satu petugas keamanan kampus tersebut medengar ledakan yang cukup kuat, sekitar pukul 1.15 dan sumber ledakan itu ternyata berasal dari Unit tiga tepatnya di lantai tiga. Mengetahui api sudah besar, effendi bersama rekannya sembiring melapor ke kantor satpam supaya menghubungi petugas pemadam kebakaran. Si jago merah berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 04.00 dini hari dengan kurang lebih 18 unit mobil pemadam kebakaran.

Agus, selaku teknisi dan peralatan memastikan tidak ada satupun orang diatas, serta sebelum ia mengunci lab semuanya masih baik-baik saja.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, tetapi kurang lebih lima puluh unit mikroskop, lima buah kulkas, open, 125 liter formalin, alkohol, herbarium dan semua yang ada didalam lab ludes terbakar,” kata Mayang sari selaku kepala lab Pengembangan Sumber Daya Alam (PSDL). “Laboratorium biologi terbakar, harus memulai dari nol lagi,” kesahnya saat di temui di tempat kejadian perkara.

Asitha, Kepala Lab Fisiologi hewan menambahkan, “ banyaknya formalin, alkohol, dan herbarium yang semuanya adalah benda dan zat yang mudah terbakar membuat api cepat menjalar”.

Walaupun begitu kegiatan praktikum mahasiswa tetaplah berjalan seperti biasanya. “Kami tetap masuk lab, karena masih ada Laboratorium Ilmu Dasar (LIDA),” kata Reni erlinda mahasiswi Biologi stambuk 2012.

Mayang sari dan Asitha selaku salah satu kepala lab masih mengidentifikasi apa saja yang harus diganti akibat kebakaran ini agar pihak dekanat bisa mengupayakan perbaikan diingat mahasiswa FMIPA sangat membutuhkan lab untuk praktikum atau penelitian.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).