BOPM Wacana

Promosikan Durian Sumut, Pemprovsu Gelar Pemilihan Duta Durian

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Febri Rahmania

Dua orang pengunjung mencoba membuka durian pada Festival Durian, Minggu (7/12) di Lapangan Benteng. | Dokumentasi SUARA USU
Penjual durian Rangga Syahpura (27) membuka kulit durian untuk seorang pengunjung pada Festival Durian, Minggu (7/12) di Lapangan Benteng. | Dokumentasi SUARA USU

BOPM WACANA — Untuk promosikan durian dari Sumatera Utara (Sumut). Pemprovsu melalui Dinas Pariwisata Sumut adakan Pemilihan Duta Durian dalam acara Festival Durian. Tujuannya, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumut yang dikenal kaya durian. “Orang harus datang ke Sumut untuk mencicipi durian,” kata Nova Zein, Penanggung Jawab Acara Festival Durian, Minggu (7/12) di Lapangan Benteng.

Dijelaskan Nova, Duta Durian yang terpilih nantinya mesti memperkenalkan keistimewaan Durian Sumut. “Memperkenalkan pariwisata Sumut, terutama Duriannya,” tuturnya. Duta Durian terpilih diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang jenis-jenis durian Sumut, juga pariwisata Sumut.

Peserta Pemilihan Duta Durian dikhususkan untuk putri saja, yaitu anak-anak umur tujuh hingga sepuluh tahun dan kategori remaja umur 16-23 tahun. Peserta adalah perwakilan dari SD dan SMA se-Sumut.

Jihan Syahira, salah satu peserta perwakilan SMA Negeri 5 Medan katakan dengan menjadi duta durian, ia ingin durian Sumut tak hanya populer dalam negeri tapi juga mancanegara. Apalagi Sumut termasuk daerah penghasil durian yang bagus, seperti di Tigalingga, Bahorok, dan Gunung Tua. Jihan bilang, karena ikuti Pemilihan Duta Durian ini ia jadi banyak tahu tentang durian Sumut. “Sekalian nambah wawasan juga,” ujarnya.

Festival Durian ini adalah yang pertama kali diadakan. Festival Durian berlangsung selama, Sabtu hingga Minggu,  6-7 Desember 2014. Selain menghadirkan banyak stan  yang menjual  durian, ada juga pameran kebudayaan Sumut, pameran Alutsista, dan beragam lomba yang diikuti pelajar sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan SMA se-Kota Medan.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).