BOPM Wacana

Prof Todung: USU Harus Bebas dari KKN

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh : Nurmazaya Hardika Putri

Ketua MWA Prof Todung Mulya Lubis menyampaikan kata sambutan dalam Pelantikan Rektor USU Periode 2016-2021 di Auditorium USU, Kamis (28/1).| Dewi Annisa Putri
Ketua MWA Prof Todung Mulya Lubis menyampaikan kata sambutan dalam Pelantikan Rektor USU Periode 2016-2021 di Auditorium USU, Kamis (28/1).| Dewi Annisa Putri

BOPM WACANA – Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Prof Todung Mulya Lubis katakan USU harus bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Sebab menurutnya USU harus maju dalam bidang akademis, serta maju dalam integritas akademik. Demikian disampaikannya saat memberi kata sambutan dalam acara Pelantikan Rektor USU Periode 2016-2021 di Auditorium USU, Kamis (28/1).

Supaya bisa bebas dari KKN, Prof Todung bilang integritas akademik harus diwujudkan dengan membangun prinsip-prinsip moral. Prinsip itu terutama terkait kejujuran, kebenaran, kepercayaan, dan keadilan yang diterapkan dalam lingkungan akademik.

Selain itu, Prof Todung katakan tidak ada salahnya jika USU melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam pemeriksaan laporan keuangan. “Untuk mencegah isu kerjasama pendanaan kekuasaan yang menyangkut keuangan USU,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Rektor USU Prof Runtung Sitepu berjanji akan segera menuntaskan kasus yang selama ini tertunda seperti isu dugaan korupsi yang beredar di media. “Tentu yang selama ini ada masalah kita harus selesaikan. Bagaimanapun, kalau memang ada yang bersalah ya harus ditindak,” ujarnya.

Dengan turut membangun integritas akademik itulah Prof Todung berharap lima tahun kedepan USU sudah kembali sejajar dengan universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).