BOPM Wacana

Prof Todung Terpilih Jadi Ketua MWA USU Periode 2015-2020

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Foto Ilustrasi: Yulien Lovenny Ester Gultom
Foto Ilustrasi: Yulien Lovenny Ester Gultom

USU, wacana.org/arsip — Prof Musliar Kasim, Ketua Tim Evaluasi dari Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristek-dikti) katakan Prof Todung Mulya Lubis terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Periode 2015-2020. “Todung yang terpilih, Senin sudah dikirim suratnya,” terangnya lewat telepon selular, Kamis (5/11).

Prof Musliar katakan keputusan ini murni tetapan dari Menristek-dikti dan ia tak tahu alasan spesifiknya. “Saya hanya mengawasi dan memberi pendapat. Keputusan kembali kepada MWA dan Menteri,” tegasnya.

Selain itu, Prof Musliar menambahkan surat keputusan ini merupakan jawaban Menristek-dikti atas surat MWA tentang hasil rapat pemilihan Ketua MWA yang berakhir imbang, masing-masing sembilan suara untuk Todung dan Prof Chairuddin Panusunan Lubis serta satu abstain. Sehingga keputusan dikembalikan ke Menristek-dikti sesuai isi Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2014 Pasal 27 Tentang Statuta USU yaitu jika ada masalah yang tidak dapat diselesaikan USU, maka masalah diselesaikan oleh menteri.

Prof Subhilhar, Pejabat Rektor USU sambut putusan tersebut sebab putusan ini akan membawa angin segar untuk USU. Jika ketua MWA telah terpilih, maka secepatnya MWA dapat membuat peraturan MWA mengenai tenggat proses pemilihan rektor dan rektor baru USU secepatnya terpilih. “Jadinya USU akan dapat rektor definitif secepatnya,” terangnya.

Prof Subhilhar berharap Ketua MWA dapat bekerja sama dengan rektor baru. Sebab lima tahun ke depan, mereka yang akan menentukan USU.

Hingga berita ini dinaikkan, Prof Todung belum memberikan konfirmasi dan tanggapan atas putusan Menristek-dikti.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).