BOPM Wacana

Rektorat Cairkan Dana Beasiswa PPA & BBM

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Shella Rafiqah Ully

Ilustrasi: Tantry Ika Adriati
Ilustrasi: Tantry Ika Adriati

BOPM WACANA | Pencairan Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) Periode 2015 dilaksanakan mulai Kamis hingga Jumat ini, sedangkan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dicairkan Senin, 9 November mendatang. “Kan Sabtu libur, makanya dilanjutkan Senin,” ujar Kepala Sub Kesejahteraan Mahasiswa Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) Effendi Manurung, Kamis (5/11).

Effendi sampaikan pencairan kedua beasiswa ini memang dilakukan bertahap sebab tak selesai jika ditransfer seharian. Ia juga sampaikan akibat keterlambatan ini, nominal beasiswa yang diterima mahasiswa akan dicairkan sekaligus sejumlah Rp 4,2 juta untuk satu periode di 2015. “Biasanya kan kita bagi dua tahap per semester tapi sekarang kita cairkan sekaligus,” ujarnya.

Haris Fadhil, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2012 yang juga penerima beasiswa PPA sambut baik pencairan Senin mendatang. Walau demikian ia meyayangkan lambatnya waktu pencairan dan dampaknya mahasiswa terbebani sebab beasiswa PPA dan BBM biasanya cair per semester. “Kan biasanya ada yang enggak minta lagi uang kuliah ke orang tua,” jelasnya. Keterlambatan ini juga membuatnya memunculkan asumsi negatif ke pihak rektorat yang dianggap memendam dana untuk keuntungan pribadi.

Terkait keterlambatan ini, Effendi bilang ini kali pertama USU terlambat mencairkan beasiswa BBM dan PPA mahasiswa sebab terkendala lamanya ketuk palu anggaran USU. “Ini sama sekali enggak ada unsur kesengajaannya, untuk mahasiswa ya bersabarlah,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).