BOPM Wacana

PMB FIB, Setengah Departemen Pisahkan Diri

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Rati Handayani

PMB FIB, Setengah Departemen Pisahkan DiriBOPM WACANA | Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) setengah departemen yang berada di FIB atau tujuh dari 14 departemen memisahkan diri untuk melakukan PMB di departemen sendiri. Tujuh departemen itu Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia, Sastra Arab, Sastra Cina, Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan Etnomusikologi. Penjelasan ini disampaikan Ketua PMB FIB Imanuel Silaban, Jumat (30/8). Ia mengaku tak tahu betul sebab mereka memisahkan diri apakah masih ada hubungannya dengan protes atas terpilihnya kepanitian PMB kali ini.

Salah satu panitia PMB atau yang disebut Temu Ramah di Etnomusikologi Ardi Manurung saat ditemui Jumat (30/8) di gedung perkuliahan Etnomusikologi di sela mengisi acara Temu Ramah Etnomusikologi mengatakan pihaknya bukan memisahkan diri dari panitia PMB FIB, tapi mereka hanya menyesuaikan rundown acara panitia PMB FIB dengan departemennya.

Ardi pun menyampaikan dari hari pertama dan kedua PMB, pihaknya mengikuti dua acara sesuai dengan rundown acara panitia PMB FIB yakni pembukaan oleh dekanat dan salat jumat. Selain kedua acara itu Ardi mengakui memiliki acara sendiri dan tak bergabung dengan panitia PMB FIB.

Berbeda halnya dengan Ardi, Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sastra Indonesia Ade Saputra mengakui memisahkan diri dari PMB FIB karena pihaknya tak ingin bergabung jika tak semua departemen bersatu dalam PMB kali ini. Selain itu, pemisahan ini juga sebagai bentuk protes atas kepanitian yang terbentuk. “Dari HMD Sastra Indonesia saya tak ada merekomendasikan panitia untuk kepanitian PMB FIB, tapi ada panitia yang dari Sastra Indonesia. Mungkin karena berkawan aja,” jelasnya.

Pembantu Dekan III FIB Yuddi Adrian mengakui ia mengetahui adanya pemisahan ini dari mulut ke mulut. Ia tak mendapat laporan resmi dari ketua panitia PMB FIB sehingga ia anggap hal ini masih aman. “Nanti kan ada evaluasi, nanti kami evaluasi sehingga untuk ke depannya tak terulang lagi,” pungkasnya.

Yuddi pun mengatakan masalah legalitas setengah departemen yang memisahkan diri dari PMB FIB diserahkan pada panitia PMB FIB nantinya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).