BOPM Wacana

Antisipasi Maba Keluar Kampus, PMB FK Dijaga Ketat

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Gio Ovanny Pratama

Ratusan maba FK bersama Panitia PMB FK 2013 menyaksian video dokumenter PMB FK 2013 pada acara Closing Ceremony PMB FK 2013 di Pendopo FK, Sabtu (31/8). Sebanyak 454 orang terdaftar sebagai maba FK di tahun ajaran 2013/2014. | Andika Syahputra
Ratusan maba FK bersama Panitia PMB FK 2013 menyaksian video dokumenter PMB FK 2013 pada acara Closing Ceremony PMB FK 2013 di Pendopo FK, Sabtu (31/8). | Andika Syahputra

BOPM WACANA | Rangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) di Fakultas Kedokteran (FK) dijaga ketat oleh panitia penyelenggara PMB. Penjagaan ketat tersebut tampak dari 22 panitia yang berjaga-jaga di setiap pintu masuk FK yang masing-masing dilengkapi dengan alat komunikasi. “Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi mahasiswa baru agar tidak keluar lingkungan kampus,” jelas M Harmen Reza, ketua panitia PMB FK, Sabtu, (31/8).

Tak hanya itu, panitia juga menyiapkan seratus orang kakak asuh yang bertanggungjawab atas beberapa mahasiswa baru (maba) dengan tugas mengawasi maba supaya tak keluar lingkungan kampus. Yang diizinkan masuk ke dalam lingkungan kampus hanya mahasiswa FK, panitia dan maba.

Lela Haibiruni, salah seorang mahasiswa baru FK mendukung penjagaan ketat yang dilakukan panitia. Bahkan ia menjelaskan bahwa keluarganya malah senang dengan penjagaan tersebut. “Setuju aja sih dijaga ketat tapi kasihan juga sama keluarga yang jemput harus nunggu di luar,” ungkapnya.

Pada PMB kali ini FK memungut biaya sebesar Rp 120 ribu per orang untuk keperluan peralatan PMB seperti baju, buku panduan, filedokumentasi, kartu PMB dan biaya konsumsi. Menurut Harmen pemungutan biaya tersebut telah disosialisasikan dan disetujui oleh orang tua atau wali seluruh maba, pihak dekanat dan rektorat. “Tidak ada niat buruk dalam pungutan biaya tersebut itu kan dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka,” jelasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).