BOPM Wacana

Perubahan Jam Kerja USU dan Keberatan Mahasiswa

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Majelis Wali Amanat resmi mengubah jam kerja USU per 1 September lalu.  Bila sebelumya hari kerja adalah Senin-Sabtu, kini hanya menjadi Senin-Jumat. Namun pada prinsipnya, jam kerja tetap 37.5 jam per minggu. Berikut rinciannya.

Jam kerja lama:

Hari Senin-Kamis: 07.30-14.30

Hari Jumat: 07.30-11.30

Hari Sabtu 07.30-13.00

Jam kerja baru:

Hari Senin-Kamis: 07.30-16.00 dengan waktu istirahat 12.00-13.00

Hari Jumat: 07.30-16.30 dengan waktu istirahat 12.00-13.30.

Pihak USU lewat Kepala Bagian Humas Bisru Hafi mengatakan pergantian ini mengikuti Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 tentang Hari Kerja di Lingkungan Lembaga Pemerintah, Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 08 Tahun 1996 tentang Pedoman Pelaksanaan Hari Kerja di Lingkungan Lembaga Pemerintah, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Tunjangan Kerja bagi Pegawai di Lingungan Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 6.

Bagaimana pendapat mahasiswa?

M Indra Sapta Baijasni – Fakultas Pertanian 2014

Sapta

Ada positif dan negatifnya. Kalau positifnya, jadwal kuliah bisa lebih efektif bagi mahasiswa selama sehari itu. Biasanya kami ada masuk mulai jam 8 pagi hingga jam 10, terus lanjut lagi kuliah di sore harinya. Itu kan efektif. Kalau dengan jadwal baru ini, jam kuliah lebih padat dan mahasiswa bisa memaanfaatkan waktunya lebih efektif. Negatifnya, ya itu, lebih padat aja.

 

 

 

                                                                             Marissa – Fakultas Kesehatan Masyarakat 2012

Marissa

Kami merasa agak keteteran mengikuti jadwal kuliahnya. Karena kan ini FKM, banyak kelas yang udah penuh. Jadi kalau menyusun jadwal banyak yang tabrakan, terutama Kamis dan Jumat. Apalagi kalau terpaksa ganti hari, nyari ganti harinya itu bingung. Lagipula, sayang aja Sabtu libur, jadi bingung mau ngapain, terbiasa beraktivitas di hari itu. Mesti beradaptasilah.

 

 

 

Siti Sofiah – Fakultas Ilmu Budaya 2014

Siti Sofiah

Enggak setuju dengan kebijakan baru itu. Jadinya semakin mempersulit mahasiswa. Apalagi kalau mau ngurus surat. Sabtu kan jadi enggak bisa. Apalagi di FIB sekarang, hari Senin-Jumat, kantor administrasi tutup kayak yang lama. Biasanya tutup jam 3 sore.

 

 

 

 

                                                                                      Erysa Adelia – Fakultas Psikologi 2014

Erysa Adelia

Enggak terpengaruh dengan pergantian jadwal itu. Selama ini sih kami cuma ngerasa kuliah Senin-Jumat. Jadi ya enggak ada perubahan. Lagipula kami terbiasa enggak ada kegiatan di hari Sabtu. Termasuk wawancara dengan dosen pembimbing, enggak pernah kena di hari Sabtu. Untuk jadwal Senin-Jumat, kami enggak padat-padat kali. Paling pulang jam 4 sore paling lama.

 

 

 

M Tegoeh Adiprassetya – Fakultas Teknik 2012

Tegoeh

Jadwal kami makin padat. Karena biasanya (sebelum ganti jadwal) praktikum diadakan di hari Sabtu. Tapi karena Sabtu libur, jadi diganti ke hari Senin-Jumat di sore hari. Biasanya jam 2-5 sore. Kalau kuliahnya dipadatkan di pagi harinya. Jadi enggak ada istirahatnya, udah gitu makin lama pulangnya.

 

 

 

                                        Rizki Mitra Hamdani – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2013

Mitra

Enggak sepakat dengan pergantian jadwal ini. Apalagi di FISIP yang ada delapan jurusan, apakah mungkin dipadatkan di Senin-Jumat? Terbatas ruangannya. Jadi kami pun terpaksa pindah ke hari Sabtu karena hari biasa gak ada ruangan. Parahnya, Bagian Perlengkapan juga tutup di hari Sabtu, jadi komtingya, kebetulan aku komting di hari Sabtu, terpaksa datang Jumat sore untuk pesan proyektor. Susahnya juga, kami yang berorganisasi ini banyak berkegiatan di hari Sabtu, mesti cari kelas buat rapat, tapi tutup kelasnya. Terpaksa outdoor.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).