BOPM Wacana

Peringati Dies Natalis 64, USU Adakan Seminar Ilmiah

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Dasa Haryuwibawa peserta lomba bidang Science and Technology mempersantisikan hasil penelitiannya dihadapan juri, Kamis (19/8), di Ruang IMT-GT. | Nurhanifah
Dasa Haryuwibawa peserta lomba bidang Science and Technology mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan juri, Kamis (19/8) di Ruang IMT-GT. | Nurhanifah

BOPM WACANA – USU mengadakan Seminar Ilmiah Tingkat Nasional untuk memperingati Dies Natalis ke-64 pada 18 hingga 19 Agustus 2016. Ketua Panitia Seminar Ilmiah Edy Ikhsan mengatakan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan semangat meneliti di Indonesia. “Supaya seluruh masyarakat menuliskan penelitiannya, bukan hanya sekadar menyimpannya sendiri,” ujarnya Kamis (18/8) di Ruang IMT-GT.

Edy menjelaskan, peserta seminar di antaranya mahasiswa, dosen, pegawai kementerian keuangan, dan pegawai kementerian kehutanan. Terdapat tiga bidang yang diperlombakan yaitu Health and Medicine (HM),  Science and Technology (ST), dan Social Science, Humanity, and Art (SHA). Pengelompokan bidang ini bertujuan untuk memudahkan peserta mengaplikasikan bidang keilmuannya dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dari peserta lainnya terkait bidang tersebut.

Namun, menurut Zakiul Fuady, peserta dari STAIN Gajah Putih Aceh, ketiga bidang ini masih terlalu luas untuk masing-masing keilmuan. “Baiknya langsung bidang ekonomi, bidang antropologi, supaya langsung tahu inovasi yang lain,” ujarnya.

Edy tambahkan penyeleksian lomba dibagi dalam dua cara yaitu penyeleksian lewat presentasi dan penyeleksian lewat poster, yaitu 140 penyeleksian lewat presentasi dan 123 penyeleksian lewat poster. Dengan rincian bidang HM 50 persentasi dan 23 poster, bidang ST 60 persentasi dan 60 poster, serta bidang SHA 40 persentasi dan 40 poster.

Dari 316 jurnal yang masuk, terdapat 273 jurnal yang lolos seleksi, dengan rincian bidang HM 73 jurnal, ST 144 jurnal, dan SHA 97 jurnal. “Supaya makin semangat, lima pemenang terbaik dari masing-masing bidang akan kita (panitia-red) publikasi di Jurnal Scopus Internasional,” tutup Edy.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).