BOPM Wacana

Perdana, MOC Lakukan Aksi Kutip Sampah di Bunkasai 2015

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Febri Rahmania

Seorang pemulung duduk di lorong sebelah Ruang Serbaguna FIB, Jumat (20/3). Banyak pemulung mengutip sampah sisa oleh para pengunjung yang mengunjungi Festival Kebudayaan Jepang Bunkasai 2015. | Lazuardi Pratama
Seorang pemulung duduk di lorong sebelah Ruang Serbaguna FIB, Jumat (20/3). Banyak pemulung mengutip sampah sisa oleh para pengunjung yang mengunjungi Festival Kebudayaan Jepang Bunkasai 2015. | Lazuardi Pratama

BOPM WACANA | Perdana, Medan Osoji Club (MOC) Medan lakukan aksi kutip sampah pada hari ketiga Festival Kebudayaan Jepang Bunkasai 2015 di Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Disampaikan ketua Medan Osoji Club Atsuhiro Tsunoda, Sabtu (21/3), kegiatan ini sebagai bentuk kampanye untuk tingkatkan kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan, terutama pelajar dan mahasiswa.

Atsuhiro bilang Medan termasuk kota yang kurang bersih. “Padahal lingkungan yang kotor itu bikin sakit hati,” ujarnya. Ia menjelaskan personil MOC mengambil sampah yang berserakan di sepanjang halaman parkiran FIB, tempat berlangsungnya Bunkasai 2015. Sampah diambil dengan sumpit raksasa berukuran 1 meter yang terbuat dari bambu kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik besar. Sampah yang terkumpul akan disatukan dan akan dibuang. Ia menambahkan kegiatan ini dilakukan oleh lima puluh orang, yang terdiri atas pelajar dan mahasiswa.

Hal ini cukup menarik perhatian pengunjung, salah satunya Miranda Putri Rahayu Nasution, Mahasiswa Fakultas Kedokteran 2013. Ia apresiasi aksi kutip sampah oleh personil MOC, walaupun menurut Miranda harusnya pengunjung Bunkasai jaga kebersihan dengan kesadaran masing-masing. “Jangan sampai karena ada yang bersihin, malah jadi sembarangan buang sampah,” ujar Miranda.

Ditambahkan Tsunoda karena baru kali petama, ia telah persiapkan sekitar dua puluh kantong plastik untuk menampung sampah. Sebelumnya, mereka juga pernah lakukan aksi mengutip sampah di Lapangan Merdeka.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).