BOPM Wacana

Pendidikan Bela Negara pada PKKMB Akan Berlangsung 50 Jam

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Widiya Hastuti

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian Hotma Karo-karo menjelaskan mengenai pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) USU 2017, Senin (10/7).

BOPM WACANA – Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) USU 2017 akan menghabiskan waktu hingga lima puluh jam dalam lima hari untuk pendidikan bela negara (PKBN). Hotma karo-karo, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian mengatakan hal ini sudah diatur dalam lampiran surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 2440/A.A2/TU/2017. “Kami tinggal persiapan saja lagi,” ujarnya, Senin (10/7).

Hotma menjelaskan PKKMB akan dimulai pada 24, 25, 28, 29, dan 30 Agustus. PKBN akan dilakukan di dalam dan luar ruangan mulai pukul 06.30 WIB hingga 18.00 WIB. Pembukaan PKKMB akan dilakukan di Stadion Mini USU.

Pada rancangan susunan acara PKKMB di hari pertama mahasiswa baru akan dibagi di dua tempat yaitu fakultas dan Stadion Mini. Setiap seratus mahasiswa akan dikoordinir oleh satu orang dosen. Sedangkan dua puluh mahasiswa akan dikoordinir oleh satu mahasiswa dari himpunan mahasiswa jurusan atau pemerintahan mahasiswa.

Pada hari kedua dan ketiga kegiatan dilakukan di fakultas masing-masing yang akan diisi materi bela negara. Pada hari ke empat, dilakukan latihan baris-berbaris oleh Resimen Mahasiswa. Sedangkan pada hari kelima akan diadakan pelatihan P3K dan outbond. Kemudian, penutupan PKKMB PKBN oleh dekan.

Muhammad Razif, Ketua Kepala Bidang Organisasi di Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, mengatakan Konsep PKKMB PKBN dapat menumbuhkan jiwa cinta tanah air yang sudah susah dijumpai sekarang. Melalui PKKMB seperti ini lebih memberikan efek untuk membela negaranya. “Langkah yang bagus sih ini,” ujarnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).