BOPM Wacana

Pemred DiGi Magazine: Semua Orang Bisa Jadi Produsen Berita

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Maya Anggraini S

Suasana Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bertema 'Jurnalisme Go Online' di Gedung Kembar B Fasilkom-TI, Minggu, 8 Juni. | Maya Anggraini S
Suasana Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bertema ‘Jurnalisme Go Online’ di Gedung Kembar B Fasilkom-TI, Minggu, 8 Juni. | Maya Anggraini S

BOPM WACANA | Kini semua orang dapat menjadi produsen berita. Pasalnya semua orang sudah mempunyai media sosial. Informasi yang dituliskan lewat media sosialnya akan jadi sebuah berita untuk orang lain. Hal ini disampaikan Pemimpin Redaksi DiGi Magazine Kartini Zalukhu dalam Pelatihan Jurnalisme Tingkat Dasar (PJTD) bertema Jurnalisme Go Online di Gedung Kembar B Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Minggu, 8 Juni.

Kartini menambahkan media televisi sekarang juga sudah menerapkan citizen journalism. Warga dapat merekam kejadian yang jarang terjadi lewat gadget-nya, lalu mengirimnya ke televisi. Hal ini didukung informasi yang saat ini ada di mana-mana.“Dulu orang mengejar berita, sekarang sudah kita yang dikejar berita,” tambahnya.

Dewi Andani, mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2013 yang ikuti pelatihan ini setuju dengan hal tersebut. “Harus fakta dan bisa dipertanggungjawabkan berita yang ia sebar,” tambahnya. Hal ini disebabkan kemajuan teknologi saat ini yang sangat berpengaruh kepada masyarakat.

PJTD ini digelar Pers Mahasiswa SUARA USU dalam rangkaian acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional Salam Ulos 2014 Bijak Berbahasa Mahir Bernarasi.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).