BOPM Wacana

Pema FEB Gelar Aksi Kemanusiaan bagi Rohingya

Dark Mode | Moda Gelap
Gubernur Pema FEB M Iqbal Harefa melakukan orasi tentang kondisi masyarakat Rohingya, Selasa (19/9) di pelataran aula FEB USU. | Putra P Purba

 

Oleh: Putra P Purba

BOPM WACANA Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melakukan aksi kemanusiaan berupa galang dana untuk Rohingya, Selasa (19/9) di pelataran aula FEB USU.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian mahasiswa dan civitas akademika USU bagi sesama manusia. Nantinya dana yang terkumpul akan di salurkan ke Pos Keadilan Peduli Ummah (PKPU) Human Initiative.”Semua orang harus turut membantu mereka (Rohinya—red),” ujar Gubernur FEB M Iqbal Harefa.

Penggalangan dana dilakukan dengan pawai keliling universitas dan meminta partisipasi mahasiswa yang lewat. Awalnya, dalam aksi akan diadakan beberapa rangkaian kegiatan seperti apel pagi, orasi, panggung teatrikal, dan pawai mengelilingi universitas. Namun, apel pagi dan teatrikal gagal dilaksanakan karena hujan.

Iqbal  mengatakan kegiatan ini yang diikuti oleh 16 organisasi mahasiswa di FEB ini  telah dicanangkan sejak 13 September. Menurutnya, masalah Rohingya bukan merupakan masalah suku, ras, dan agama, melainkan masalah kemanusiaan sehingga harus segera dibantu.

Laura Sihite, Mahasiswa Akuntasi 2015 mengatakan aksi kemanusiaan ini menjadi bentuk aspirasi mahasiswa tentang kemanusiaan. ”Ya mahasiswa lebih ditingkatkanlah bersuara dan kritis tentang masalah-masalah yang terjadi,” ujarnya.  Namun, menurutnya aksi Rohingnya kurang tepat disuarakan karena masih banyak aksi kemanusiaan lainnya yang perlu dikaji, terutama di Sumatera Utara.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).