BOPM Wacana

Pameran Pendidikan Jepang Sosialisasikan Kesempatan Belajar di Jepang

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Alfat Putra Ibrahim

Pihak Sekolah Yamanashi Gakuin University, sedang memaparkan sekolahnya kepada pengunjung, Minggu (17/1). | Alfat Putra Ibrahim
Pihak Sekolah Yamanashi Gakuin University, sedang memaparkan sekolahnya kepada pengunjung, Minggu (17/1). | Alfat Putra Ibrahim

BOPM WACANA – Beberapa sekolah di Jepang memberikan kesempatan belajar bagi para pelajar di Medan. Hal tersebut disosialisasikan melalui Pameran Pendidikan Jepang yang diselenggarakan PT Fuji Staff Indonesia di Wisma USU Minggu 17 Januari lalu. Pameran ini bertujuan menyajikan informasi sekolah ke luar negeri khususnya Jepang yang dinilai masih minim. Demikian diasampaikan Muhammad Ircham Novanto, Ketua Pameran Pendidikan Jepang.

Informasi diberikan kepada seluruh pelajar yang berminat untuk melanjutkan studi ke Jepang dengan mendirikan beberapa stand dari beberapa sekolah di Jepang.

Stand tersebut di antaranya dari jenjang universitas yaitu Yamanashi Gakuin University, Tokyo International University, Ritsumeikan University dan Kansai University of International. Dari sekolah kejuruan seperti Tsuji Culinary School yang berbasis keahlian memasak. Serta dua sekolah bahasa seperti Tokyo Ikuei dan Waseda Bunkakan. Ada juga JASO yaitu lembaga yang khusus memberikan informasi studi ke Jepang.

Selain itu, tersedia pula informasi beasiswa bagi pelajar di Medan yang ingin melanjutkan studinya. Beasiswa diberikan dari pihak sekolah Jepang sendiri maupun dari kedutaan Jepang untuk Indonesia.

Hal ini disambut baik oleh Bernard Tarigan, Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2011 sebagai salah satu pengunjung pameran. Menurutnya acara ini sudah sangat baik dan membantu siswa-siswa untuk melanjutkan studinya dan bisa lebih berkembang. “Harus lebih sering supaya siswa bisa lebih yakin untuk belajar ke luar negeri,” pungkas Bernard.

PT Fuji Staff Indonesia bekerjasama dengan beberapa sekolah di Jepang, kali ini mengadakan acara Pameran Pendidikan Jepang di beberapa kota di Indonesia. Di antaranya Jakarta dan Medan.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).