BOPM Wacana

Opini Keuangan USU Pengaruhi Status PTN-BH USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Tantry Ika Adriati

 Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

BOPM WACANA Sekretaris Komite Audit Mahmul Siregar mengatakan opini laporan keuangan USU yang diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) akan memengaruhi status USU sebagai Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH). Hal ini terkait dengan evaluasi yang akan diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2017 mendatang, Jumat (18/3).

Mahmul mengatakan salah satu syarat universitas dengan status PTN-BH ialah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk audit laporan keuangan. “Jadi tak hanya akreditasi A, laporan keuangan kita juga harus bersih,” ujarnya.

Selain itu, opini laporan keuangan USU WTP akan memperlihatkan kredibilitas USU di mata nasional. Jika kredibilitas USU baik, pihak-pihak dari dalam negeri maupun luar negeri akan tertarik bekerja sama dengan USU.

Hal ini dibenarkan Prof Armansyah Ginting, Wakil Rektor II USU Periode 2010-2016. Prof Armansyah bilang USU sudah tiga kali mendapatkan opini WTP sejak tahun 2012. Saat ini USU sedang menunggu hasil opini laporan keuangan USU 2015 yang diaudit oleh KAP Hendrawinata Eddy Siddharta & Tanzil.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).