BOPM Wacana

Misteri Hilangnya Seorang Gadis

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Andika Syahputra

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Judul: The Girl with The Dragon Tattoo

Sutradara: David Fincher

Pemain: Daniel Craig, Rooney Mara, Yorick van Wageningen, Christopher Plummer, Stellan Skarsgård, Joely Richardson

Tahun: 2011

Durasi: 158 menit

Gadis dari keturunan keluarga kaya raya menghilang empat puluh tahun lalu. Mikael Blomkvist terpaksa menerima permintaan keluarga gadis tersebut untuk menemukannya. Mikael tak punya pilihan lain, kecuali menerima tawaran tersebut untuk memulihkan nama baiknya.

Harriet menghilang sejak 40 tahun yang lalu. Bahkan sampai saat ini, polisi tak dapat menemukannya. Namun keluarga gadis itu tak mau menyerah untuk mencarinya hingga mereka harus menyewa seorang jurnalis, Mikael Blomkvist untuk memecahkan kasus ini. Mikael pun mulai membongkar satu per satu misteri di kasus tersebut hingga menemukan sisi gelap dari keluarga kaya itu.

The Girl with the Dragon Tattoo, adalah film thriller yang diadaptasi dari novel milik Stieg Larsson dengan judul yang sama. Film ini berkisah tentang Mikael Blomkvist (Daniel Craig), seorang jurnalis dan co-ownerdari majalah Millenium yang ditawarkan sebuah pekerjaan, yaitu mencari seorang gadis dari keturunan keluarga kaya raya yang hilang 40 tahun yang lalu. Dia mencoba memecahkan kasus itu dengan bantuan seorang peretas yang pesakitan, Lisbeth Salander (Rooney Mara).

Film ini dimulai dengan Mikael Blomkvist yang kalah dalam sidang kasus pencemaran nama baik. Wennerstörm (Ulf Friberg), usahawan yang korup, menang dari Mikael dikarenakan bukti yang Mikael punyabelum mencukupi. Di sisi lain, Henrik Vanger (Christopher Plummer), usahawan sukses yang terkenal, menugaskan Lisbeth Salander, peretas komputer handal bertato naga di belakang bahu kirinya, untuk memata-matai Mikael. Henrik menganggap Mikael berkompeten dalammenyelidiki Harriet yang hilang 40 tahun silam. Kemudian, Henrik menawarkan sebuah pekerjaan dengan imbalan besar kepada Mikael yang bisa menyelamatkan Millenium. Pekerjaan yang ditawarkan Henrik adalah menuliskan biografi keluarganya sekaligus menyelidiki kasus Harriet. Beberapa hari setelah Mikael pindah ke pemukiman keluarga Vander, dia menemukan misteri pertama, sebuah daftar nama dan nomor dalam sebuah buku catatan.

Di sisi lain, Lisbeth mendapatkan wali baru setelah wali sebelumnya meninggal dunia. Nils Bjurman, wali baru Lisbeth membuat kehidupan Lisbeth semakin kelam. Nils memanfaatkan Lisbeth untuk memenuhi nafsu seks dan melakukan kekerasan seksual kepada Lisbeth. Sampai kemudian Lisbeth muak dengan perlakuan Nils dan membalas semua perlakuan Nils kepadanya.

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Berkat bantuan anak perempuannya, Mikael mengetahui bahwa daftar nama dan nomor di buku catatan yang ditemukannya adalah referensi alkitab. Mikael meminta bantuan kepada pengacara Vanger, Dirch Frode (Steven Berkoff) yang kemudian merekomendasikan Lisbeth. Di sini lah awal pertemuan Mikael dan Lisbeth.

Berkat bantuan Lisbeth, Mikael menemukan fakta bahwa Anita Vanger (Joely Richardson) adalah Harriet yang hilang 40 tahun lalu. Harrietmenyamar sebagai Anita untuk menghindari kejaran abangnya, Martin,yang hendak membunuhnya. Sesuai janjinya Henrik memberikan informasi tentang Wennerstörm kepada Mikael. Tapi ternyata informasi tersebut tidak membantu sama sekali. Mengetahui hal itu, Lisbeth membantu Mikael dengan meretas komputer Wennerstörm dan menemukan bukti kejahatan yang dilakukan Wennerstörm dan perusahaannya. Mikael pun kembali menulis berita investigasi yang menghancurkan Wennerstörm dan perusahaannya.

The Girl with The Dragon Tattoo adalah novel pertama Stieg Larsson.Sayang sekali Stieg Larsson tidak sempat menikmati kesuksesan Millenium Trilogy, sebutan untuk ketiga seri novelnya, yang mendapatkan banyak penghargaan di seluruh dunia. Stieg Larsson meninggal dunia pada tahun 2004 beberapa saat setelah mengirimkan naskah ketiga novelnya itu.

Banyak yang menganggap bahwa film ini adalah remake dari film berjudul sama versi Swedia. Tetapi ini adalah versi David Fincher sendiri yang diadaptasi langsung dari novelnya. Namun sayangnya, film ini gagal tayang di Indonesia karena kekerasan dan adegan seksual yang ditampilkan secara eksplisit.

Walaupun di dalam film ini Daniel Craig tidak lagi melakukan aksi sebanyak di film James Bond yang pernah dia perankan, tetapi film ini tetap direkomendasikan untuk ditonton kepada mereka yang suka film yang penuh teka-teki, pembunuhan, dan penulusuran ala detektif yang penuh dengan adegan yang mencekam.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).