BOPM Wacana

Mari Membicarakan Cinta

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Mutia Aisa Rahmi 

2013 - love is youJudul Buku: Love Is You!

Pengarang: @psikolodiID

Jumlah Halaman: v+250

Penerbit: Tangga Pustaka

Harga: Rp. 39.000,-

Cinta adalah bagian terkuat yang dimiliki oleh orang yang paling lemah, sekaligus bagian terlemah yang dipunyai orang terkuat.

Buku ini penuh dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai kepribadian tentang cinta. Ditulis agar para pembacanya mengetahui lebih dalam mengenai kepribadiannya dan hubungan seperti apa yang dicari, serta akan memberikan penggambaran seperti apa hubungan percintaan yang tengah kita jalani.

Buku ini ditulis dengan menggabungkan beberapa test psikologi seperti kokology –studi tentang pikiran atu roh dalam budaya Jepang, proyeksi perilaku bawah sadar serta respon terhadap suatu masalah. @psikolodiID tidak hanya mengharuskan kita sebagai pembaca untuk bermain dengan soal-soal psikologi, namun @psikolodiID juga akan membawa kita bermain dengan imajinasi.

Saat membuka halaman pertama dari buku ini, kita akan dituntun terlebih dahulu untuk mengenal lebih arti dari cinta itu sendiri dan akan diberi pengarahan tentang apa saja yang akan kita dapati dalam buku ini nantinya.

Setiap bab terdiri dari beberapa pertanyaan dengan topik yang berbeda-beda, mulai daritescinta berdasarkan situasi, apakah kamu sedang jatuh cinta, hingga move on serta long distance relationship. Setiap memulai pertanyaan, @psikolodiID akan memberikan sedikit ilustrasi yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul, dan disinilah kita sebagai pembaca, akan bermain dengan imajinasi, kita harus membayangkan seolah kita benar-benar berada di situasi yang diilustrasikan.

Tak hanya bermain dengan pertanyaan-pertanyaan, buku yang lebih pantas disebut sebagai buku tes psikologi ini juga akan mengajak kita untuk mengambar, seperti pada bab 19 dan 20, dalam bab ini kita akan diajak untuk menggambar sesuatu, dan tentunya akan diberikan pengarahan mengenai gambar apa yang akan kita buat. Dan dari gambar kita inilah, nantinya akan diketahui seperti apa sikap kita dalam manghadapi berbagai situasi dalam menjalani hubungan cinta.

Hasil dari jawaban yang kita beri ketika mengisi pertanyaan-pertanyaan juga muncul dalam setiap bab. Mungkin saja bisa menjadi pegangan bagi kita dalam menghadapi masalah-masalah dalam menjalani hubungan serta seperti apa pribadi kita. Namun hal ini tidaklah mutlak, hasil ini bisa dirubah dengan cara pandangan dan pemikiran kita terhadap sesuatu dan hal inilah yang juga di tekankan oleh @psikolodiID.

Yang perlu diingat adalah buku ini BUKAN ‘kitab ramalan’ atau prediksi dari sesuatu. Hasil tes yang dilakukan merupakan proyeksi sikap kita pada saat itu. Artinya, perasaan, pikiran, dan lingkungan tempat kita berada cukup memainkan peran.

Tampilan buku ini sendiri sangat menarik bagi saya, desain sampul yang meriah menunjang isi buku yang hanya terdiri dari pertanyaan-pertanyaan, sehingga dapat saling mengisi. Ditambah dengan ketenaran akun tersebut, tentu saja menambah nilai jual buku ini sendiri.

Buku ini bisa menjadi sebuah penerang dalam menjalani sebuah hubungan cinta, orang-orang yang bingung akan kejelasan hubungannya dengan pasangannya, atau mereka yang ingin mengetahui seperti apa pasangan yang cocok baginya.

Sayangnya, buku ini hanya cocok untuk kalangan remaja saja, karena topik yang dibahas benar-benar untuk remaja-remaja, tentang jatuh cinta, PDKT, patah hati hingga move on. Menurut saya, isinya juga membosankan, karena hanya diisi dengan pertanyaan-pertanyaan. Tak ada hasil akhir atau tulisan penutup yang diberikan. Alhasil, tak ada yang bisa kita ambil sebagai intisari.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).