BOPM Wacana

Lima Fakta Di Balik Setahun Bus Kampus

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Renti Rosmalis

Pengadaan bus kampus merupakan salah satu program yang dicanangkan USU ASRI untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas akademik. Hingga saat ini USU memiliki empat bus, tiga diantaranya digunakan untuk bus kampus. Satu bus lagi digunakan untuk kunjungan, studi banding, dan alat transportasi terkait kegiatan USU lainnya. Perjalanan bus kampus telah menginjak usia satu tahun, berikut lima fakta yang ada dibalik satu tahun perjalanan bus kampus.

9 Maret 2014, Setahun Bus Kampus

2014 - Penumpang
Penumpang bus kampus menaiki bus kampus di halte bus. | Renti Rosmalis

Dengan tujuan meningkatkan layanan kepada mahasiswa dan civitas akademika di lingkungan USU, tepat pada 9 Maret 2013 lalu, dua unit bus kampus resmi diluncurkan. Satu bus ditambahkan Juni 2013, dan satu lagi telah ditambahkan pada November 2013.

Halte Teramai

2014 - Halte
Halte sumber merupakan salah satu halte bus teramai. | Renti Rosmalis

Sebelas halte bus selesai dibangun Februari lalu. Dari sebelas titik halte bus yang digunakan itu, halte di depan Fakultas Kedokteran, dekat jalanSumber, dan di depan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan halte teramai. Di tiga halte ini bus kampus selalu menaikkan banyak penumpang. Sementara, halte yang berada di depan Pusat Sistem Informasi dan Gelanggang Mahasiswa adalah yang tersepi.

Bensin yang Dihabiskan

2014 - Bensin
Bus kampus baru yang ditambahkan November lalu parkir di halaman belakang Birek. | Renti Rosmalis

Dalam satu hari beroperasi, satu bus kampus yang menggunakan air conditioner (AC) bisa menghabiskan empat puluh sampai lima puluh literbensin. Banyaknya penggunaan bensin juga berpengaruh pada cara sopir dalam mengendarai bus. Jumlah bensin yang dihabiskan bus kampus AC bisa berkurang hingga lima sampai sepuluh liter saat AC bus tidak digunakan. Sementara untuk bus kampus yang tidak menggunakan AC menghabiskan 35-45 liter bensin.

Kapasitas Bus Kampus

2014 - Kapasitas
Bus kampus berkapasitas 30 kursi. Untuk penumpang yang tidak mendapatkan kursi bisa berdiri di antara kursi bus. | Renti Rosmalis

Bus kampus memiliki ukuran sedang yang berkapasitas tiga puluhtempat duduk. Meski hanya memiliki 29 tempat duduk penumpang dansatu tempat duduk supir, bus kampus bisa menampung hingga empat puluh penumpang. Penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk akan berdiri di tengah antara kursi-kursi bus.

Pegawai Bus Kampus

2014 - Depan Fasilkom-TI
Halte di depan Pusat Sistem Informasi. | Renti Rosmalis

Saat ini bus kampus memilki tiga belas pegawai yang terdiri dari enamsopir tetap, satu sopir cadangan, dan enam orang kernet. Pegawai bus kampus terdiri dari beragam golongan pegawai negeri sipil dan honorer.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).