BOPM Wacana

Lagi, Pemilihan Mawapres 2015 Diundur

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Ilustrasi: Tantry Ika Adriati
Ilustrasi: Tantry Ika Adriati

BOPM WACANA — Setelah diundur dari jadwal seharusnya 8 April menjadi 14 April, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) USU 2015 diundur lagi. Pemilihan ini rencanannya akan digelar Senin, 27 April esok. Hal ini disampaikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) Hindun Pasaribu, Rabu (22/4).

Hindun menjelaskan  pemilihan yang sebelumnya dijadwalkan 14 April tak dapat dilaksanakan karena ujian tengah semester (UTS) sedang berlangsung. Ia pun mengakui sebelumnya tak mempertimbangkan jadwal dalam kalender akademik untuk menentukan tanggal pemilihan mawapres kali ini. “Kita enggak tahu ada ujian kemarin itu, salah satu juri yang bilang waktu penilaian karya ilmiah mawapres,” jelasnya.

Dengan pengunduran ini, Hindun bilang mawapres fakultas punya waktu lebih untuk persiapkan presentasi untuk Pemilihan Mawapres USU 2015 Senin nanti. Sebab pemilihan dilakukan setelah ujian dan mawapres fakultas tak membagi fokusnya dengan UTS. Lagi pula, jika dilakukan sebelum UTS biasanya banyak jam ganti kuliah dan mawapres fakultas tak punya banyak waktu persiapan. Beda jika setelah UTS, sebab setelah UTS mahasiswa bisa banyak persiapan dan tidak punya jadwal kuliah yang padat.

Menanggapi hal ini, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat 2013 Dani Pramana maklum pengunduran ini dilakukan karena UTS. Menurutnya mawapres adalah orang-orang yang harus miliki indeks prestasi akademik baik, karenanya mereka harus ikut UTS untuk mendapatkannya.

Walau begitu, Dani tetap menyayangkan pengunduran ini, karena tidak matangnya perencanaan BKK USU membuat jadwal pemilihan. “Kok enggak lihat jadwal lain di universitas? UTS kan sudah ditentukan jadwalnya sejak tahun lalu,” tambahnya. Oleh karena itu, Dani menyarankan BKK mempertimbangkan jadwal kalender akademik untuk pemilihan mawapres selanjutnya.

Untuk saran Dani, Hindun sepakat dan akan melakukan hal tersebut di masa yang akan datang.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).