BOPM Wacana

Pema FKG Adakan Pemeriksaan Gigi dan Mulut Gratis

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Deli Listiani

Ilustrasi: Alfat Putra Ibrahim

USU,  wacana.org/arsip — Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) mengadakan pemeriksaan gigi dan mulut gratis di depan Gedung Biro Rektor USU pada Minggu, 17 April pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. “Karena gigi dan mulut merupakan pengolah makanan pertama dalam tubuh manusia,” ujar Wakil Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat Pema FKG Fajar Fitria, Minggu (17/4).

Fajar bilang kegiatan ini diawali sosialisasi dengan mendatangi masyarakat di sekitar lokasi dan membagikan selebaran berisi gambar keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat. Setelah itu, masyarakat yang mau memeriksakan gigi dan mulutnya langsung dibawa ke posko. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pembersihan karang gigi dan pencabutan gigi yang rusak.

Ridwan, Pengunjung Taman USU mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini menyadarkan masyarakat agar lebih menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Apalagi sebelum pemeriksaan mereka juga memperlihatkan gambar gigi dan mulut yang rusak. “Jadi bakal merawatlah, ngeri kali gambarnya,” katanya.

Fajar menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih mahasiswa FKG dalam menghadapi pasien. Sebab menurutnya selama ini mahasiswa lebih banyak mempelajari teori daripada praktik. Padahal, untuk mahasiswa kedokteran praktik lapangan sangat diperlukan. “Ajang belajar selain di kampus,” pungkasnya.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama tiga bulan. Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam sebulan yaitu setiap minggu kedua dan keempat. Salah satu program kerja (progja) Pema FKG ini secara rutin disosialisasikan lewat media sosial.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).