BOPM Wacana

KPU USU Perpanjang Waktu Pendaftaran KAM

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Sri Wahyuni Fatmawati P

Sekretariat KPU USU di Jl Universitas, Senin (13/1). | Andika Syahputra
Sekretariat KPU USU di Jl Universitas, Senin (13/1). | Andika Syahputra

BOPM WACANA­  Pendaftaran Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) untuk Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU diperpanjang dari Rabu, 23 April pukul lima sore hingga Sabtu, 26 April nanti. Menurut Koordinator Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) USU Hamdan, Rabu (23/4), perpanjangan waktu pendaftaran disebabkan pendaftaran KAM dimulai Jumat, 18 April yang notabenenya hari libur nasional.

Hamdan mengatakan saat penentuan tanggal pembukaan pendaftaran KAM, KPU tidak perhitungkan libur nasional yang ada. Sehingga masa pendaftarannya jadi tidak efektif. “Kemarin itu lihatnya dari kalenderhandphone, jadi enggak lihat tanggal merahnya,” tambahnya. Perpanjangan waktu ini diharapkan lebih efektif. Pun jadwal KPU USU hingga pemira nanti tidak terganggu meski pendaftaran KAM diperpanjang.

Menanggapi hal ini, anggota KAM Perubahan Valentino Panjaitan mengatakan harusnya KPU USU sudah pertimbangkan segala kekurangan dan ketidaksiapan peserta. Sehingga tanggal pendaftarannya sudah tepat, tidak ada perpanjangan lagi. ”Ya kan batasnya sampai hari ini,” lanjutnya.

Untuk publikasi perpanjangan pendaftaran KAM, Hamdan bilang KPU USU segera akan informasikan ke tiap fakultas, pema fakultas dan KAM hari ini. Sebelumnya, Pema Sekawasan dalam rapat koordinasi dengan KPU USU di Sekretariat KPU USU sore harinya sarankan perpanjangan waktu pendaftaran KAM dengan alasan yang sama.

Hingga tenggat waktu pendaftaran ada lima KAM yang mendaftar. Di antaranya KAM Perubahan, KAM Madani, KAM Rabbani, KAM Humanis dan KAM Bhineka.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).