BOPM Wacana

KPU Umumkan Verifikasi Capresma dan Cawapresma

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Anggun Dwi Nursitha

Ilustrasi: Retno Andriani
Ilustrasi: Retno Andriani

BOPM WACANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan dua calon presiden mahasiswa (capresma) dan calon wakil presiden mahasiswa (cawapresma) yang lulus dalam verifikasi. Hal ini tertera dalam surat yang dikeluarkan KPU mengenai perihal pengumuman hasil verifikasi capresma dan cawapresma No:71/KPU/V/2016. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KPU Basri Syahputra, Kamis (5/5).

Basri menyebutkan kedua kandidat capresma dan cawapresma adalah Yusmar Alkholidi E dari Fakultas Teknik 2012 beserta pasangannya Ade Fajar Rezki dari Fakultas Hukum 2013. Kandidat ini berasal dari Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Rabbani. Kandidat berikutnya adalah Purnomo S G Pasaribu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2012 dan pasangannya Roy Harianto Sitorus dari Fakultas Ilmu Budaya 2012 dari KAM Bhinneka.

Hasil verifikasi dikeluarkan demi kelancaran roda organisasi Pemerintahan Mahasiswa USU serta kelancaran proses pemilihan umum raya (pemira). Pertimbangan utama kedua calon ini yang bisa lolos adalah mengikuti prosedur yang telah ada. “Kedua KAM mendaftarkan capresmanya tak melampaui waktu yang telah ditetapkan sesuai prosedur,” tandasnya.

Roy Harianto yang juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Pusat KAM Bhinneka sepakat akan hal tersebut. Ia berharap walaupun hanya dua calon yang lolos dalam tahap ini dapat meramaikan pemira kali ini. “Semoga seluruh mahasiswa mengikuti pemira dan mempunyai pilihan masing-masing,” serunya.

KPU telah menyurati kedua KAM yang telah lolos mendaftarkan capresma dan cawapresma. Sedangkan KAM yang tak lolos pada tahap ini adalah KAM Erat, KAM Amdal, KAM Nasionalis dan KAM Perubahan. Pun keempat KAM ini telah menarik diri dengan menerima uang pendaftaran KAM yang dikembalikan sebelum tahap verifikasi ini diumumkan. Saat ini, pemira memasuki tahap kampanye oleh capresma dan cawapresma.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).