BOPM Wacana

KPU FKM Tak Capai Target 1700 Pemilih

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Tantry Ika Adriati

Seorang mahasiswa mengecap kelingkingnya dengan tinta di TPS FKM pada Pemira USU, Rabu (14/5). | Yulien Lovenny Ester G
Seorang mahasiswa mengecap kelingkingnya dengan tinta di TPS FKM pada Pemira USU, Rabu (14/5). | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tak capai target pemilih pada Pemira USU kali ini. Dari 1700 pemilih yang ditargetkan hanya 1031 mahasiswa yang gunakan hak pilihnya. Sedangkan daftar pemilih tetap (DPT) FKM berjumlah 2.389. “Selebihnya tidak memilih karena alasan tidak membawa kartu tanda mahasiswa,” kata Ketua KPU FKM Berkah Meidra Adika Nasution, Rabu (14/5).

Banyaknya mahasiswa yang tidak bawa KTM ataupun tidak memilih di FKM disebabkan karena sosialisasi Pemira USU kurang optimal. Hal ini dirasakan Halisa Kurniati, mahasiswa FKM 2012. “Buktinya di hari H masih ada mahasiswa yang tidak tahu dengan Pemira USU ini.” Ia sayangkan sosialisasi yang baru dilaksanakan KPU sehari menjelangPemira USU.

Hal serupa juga dirasakan Haris Muda Rambe, mahasiswa FKM 2011. Menurutnya kurangnya sosialisasi dari KPU FKM juga sebabkan mahasiswa tak bawa KTM di hari Pemira USU.

Menanggapi hal itu, Berkah bilang tak semuanya salah KPU FKM. Sebab ia rasa pihaknya sudah sosialisasikan Pemira USU ini dengan baik, meskipun hanya sehari menjelang hari H. “Kami juga minta setiap komting kelas sampaikan ke anggotanya,” ucapnya. Pun sebelumnya sosialisasi juga sudah dilakukan KPU USU.

Ia berujar mahasiswa di FKM juga kurang peduli terhadap Pemira USU. Padahal seharusnya sosialisasi ini sudah cukup diberikan kepada mahasiswa. “Tinggal kesadaran setiap mahasiswa saja lagi yang diperlukan,” tambahnya.

Pemira USU di FKM dimenangkan pasangan Brilian-Abdul Rahim dalam pemilihan calon presiden dan wakil presiden mahasiswa. Dan pada pemilihan kelompok aspirasi mahasiswa (KAM) dimenangkan KAM Rabbani.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).