BOPM Wacana

KPU FKM Baru, UKM Kesmas Sesalkan Tak Adanya Koordinasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Selebaran rekrutmen terbuka calonn Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas dan gubernur-wakil gubernur Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di majalah dinding FKM, Rabu (25/2). Rekrutmen ini dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum FKM yang baru. | Ananda Fakhreza Lubis
Selebaran rekrutmen terbuka calon gubernur-wakil gubernur, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas, dan Kelompok Aspirasi Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di majalah dinding FKM, Rabu (25/2). Rekrutmen ini dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum FKM yang baru. | Ananda Fakhreza Lubis

BOPM WACANA | Unit Kegiatan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (UKM Kesmas) menyesalkan tidak adanya koordinasi antara Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU selaku pembentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)  Periode 2015 dengan UKM Kesmas maupun KPU FKM Periode 2014. Harun Ridwan Nasution, Kepala Divisi Humas UKM Kesmas bilang pihaknya dan KPU FKM Periode 2014 harus dilibatkan, sebab UKM Kesmas berperan menjadi pengganti pema fakultas dan KPU FKM Periode 2014 masih aktif Surat Keputusan (SK)-nya hingga 29 April mendatang. “Enggak ada kami dihubungi,” ujarnya, Selasa (24/2).

Awalnya, Harun mengatakan pihaknya menemukan selebaran rekrutmen anggota KPU FKM Periode 2015 di majalah dinding FKM pada masa sebelum libur semester kemarin. Sebelumnya ia mengaku pihaknya belum dihubungi sama sekali perihal pembentukan KPU yang baru.

Sama halnya dengan Berkah Meidra Adika Nasution, Ketua KPU FKM Periode 2014. Berkah bilang tidak adanya koordinasi ini menimbulkan tumpang-tindih antara kedua KPU aktif di FKM.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Pema USU Aldy Syahputra mengaku memang tidak berkoordinasi dengan UKM Kesmas maupun KPU FKM Periode 2014. Namun, ia mengatakan seharusnya laporan adanya KPU di FKM berasal dari laporan pertanggungjawaban (LPJ) KPU USU yang SK-nya telah habis .

Ia berujar hingga sekarang LPJ belum digelar dan diterima Pema USU. Oleh karena itu, agenda pembentukan KPU di FKM harus segera dilakukan untuk kembali mengaktifkan pema fakultas.

Soal tumpang-tindih tersebut, Aldy mengatakan akan melakukan koordinasi lebih lanjut segera. “Kita enggak mau nya bikin KPU baru asal-asal,” tandasnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).