BOPM Wacana

KPU Fakultas Mulai Hitung Suara Hasil Pemira USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri dan Widiya Hastuti

BOPM WACANA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) di setiap fakultas hari ini menghitung surat suara hasil Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU kemarin. Penghitungan suara dimulai pukul 09.00 WIB. Demikian disampaikan oleh Ketua KPU USU Mahmud Akbar Abidin Damanik, Kamis (25/5).

Akbar menjelaskan, usai Pemira USU digelar Rabu kemarin dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, seluruh kotak suara disimpan di ruang dekanat tiap fakultas. “Semua serentak masukin ke dekanat jam 17.00, setelah pemungutan suara ditutup,” ujar Akbar.

Penghitungan surat suara ini dilakukan dengan dilihat oleh saksi dari masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden mahasiswa. Penghitungan direncakan dilakukan hingga pukul 12.00 WIB. Namun sesuai kesepakatan dan persetujuan wakil rektor (WR) I penghitungan dilanjutkan hingga selesai. Untuk pengamanan, WR I menurunkan tiga satuan pengamanan (satpam) ditambah satpam fakultas dan satu anggota resimen mahasiswa setiap fakultas.

Di Fakultas Teknik (FT), Ketua KPU FT Ridho Maulana mengatakan kotak suara dijemput pukul 09.30 WIB akibat menunggu saksi yang lama hadir. Sedangkan penghitungan suara baru dapat dimulai pada pukul 10.00 WIB akibat adanya miskomunikasi antara saksi dan anggota KPU. “Tapi masalahnya bisa selesai dengan kesepakatan,” ujar Ridho.

Akbar mengatakan untuk saat ini ia beum mengetahui jumlah pemilih karena belum melakukan rekapitulasi. Rencananya usai penghitungan suara di fakultas, KPU USU akan mengadakan rapat pleno untuk merekap jumlah pemilih dan pemenang.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).