BOPM Wacana

Jumlah Pendonor BKM AR-Rahmah FK Melebihi Target

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Arifa, seorang pendonor dari FK sedang diperiksa darahnya oleh perawat dari RS Adam Malik. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu program kerja BKM Ar-Rahmah. | Nurhanifah
Arifa, seorang pendonor dari FK sedang diperiksa darahnya oleh perawat dari RS Adam Malik. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu program kerja BKM Ar-Rahmah. | Nurhanifah

BOPM WACANA | Jumlah pendonor dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan Badan Kegiatan Mesjid (BKM) Ar-Rahmah Fakultas Kedokteran (FK) melebihi target. Pendonor yang terdaftar sebanyak 76 pendonor, padahal panitia menargetkan sebanyak 75 pendonor. Hal tersebut disampaikan Ibnu Gilang Syahwadi, Ketua Acara Donor Darah, Senin (19/10) pada kegiatan donor darah di FK USU.

Ibnu bilang banyaknya pendonor karena sosialisasi telah dilakukan sejak 16 Oktober melalui media sosial, memasang flyer dalam papan pengumuman di FK, serta pembicaraan lisan dari mulut ke mulut. Pun, Ibnu tambahkan perkuliahan yang padat menjadi salah satu kendala panitia sehingga tak dapat lakukan publikasi secara maksimal. “Tadinya kita ingin menempelkan flyer ke mading-mading fakultas di USU, tapi tak jadi karena waktunya kurang,” terangnya.

Widya Nurbayati, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2012 apresiasi usaha panitia untuk sosialisasi. Menurutnya tak dapat lakukan sosialisasi lewat flyer pada majalah dinding (mading) fakultas bukan masalah karena belum tentu semua mahasiswa membaca pengumuman di mading fakultas. Pun, penggunaan media sosial seperti instagram merupakan cara yang jitu untuk sosialisasi. “Saya tau lewat Instagram, lagian kalau ada di mading saya belum tentu tahu karena jarang bacanya,” tambahnya.

Ibnu tambahkan dari 76 pendonor yang terdaftar, hanya 55 orang yang dapat menyumbangkan darah, 21 orang batal menjadi pendonor disebabkan Hemoglobin (Hb) dalam darahnya rendah, tensinya rendah, serta tekanan darah sistol dan diastol yang tinggi.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).