BOPM Wacana

Jumlah Pemilih di FKep Tak Capai Target 50 Persen

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Seorang mahasiswa mencoblos dalam salah satu bilik suara di TPS FKep pada Pemira USU, Rabu (14/5). | Lazuardi Pratama
Seorang mahasiswa mencoblos dalam salah satu bilik suara di TPS FKep pada Pemira USU, Rabu (14/5). | Lazuardi Pratama

BOPM WACANA | Jumlah pemilih pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU di Fakultas Keperawatan (FKep) tak capai target yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) FKep. KPU FKep memasang target lima puluh persen dari 1.389 daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan mahasiswa yang memilih pada Pemira USU di FKep kali ini sejumlah 677 pemilih atau 48,7 persen dari DPT.

Hal ini disebabkan banyak mahasiswa FKep yang sedang dinas di luar kampus sehingga tak dapat ikuti Pemira USU. “Ada banyak mahasiswa yang di rumah sakit,” ujar Ketua KPU FKep Rahmadani, Rabu (14/5).

Gubernur FKep, Tengku Widia Naralia mengatakan hal serupa. Ia mengatakan ada tiga stambuk di FKep yang harus ikut dinas. Mahasiswa tersebut, menurut Widia banyak yang sedang berada di luar kota. “Satu stambuk itu ada kira-kira 150 mahasiswa, jadi 450 mahasiswa itulah yang diperkirakan tidak ikut memilih,” katanya.

Sementara itu, Rahmadani mengaku tidak kecewa dengan perolehan tersebut. Sebab pihaknya tak berekspektasi tinggi pada partisipasi mahasiswa FKep. Namun ia merasa angka 48,7 persen tersebut sudah cukup membanggakan. “Itu sudah banyak juga,” tandasnya.

Adapun KPU Fkep telah menyosialisasikan Pemira USU dengan cara sosialisasi langsung ke kelas-kelas dan media sosial sejak seminggu yang lalu.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).