BOPM Wacana

Isi KRS di FP Tak Lagi Manual

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Shella Rafiqah Ully

BOPM WACANA — Terhitung sejak semester ini, Fakultas Pertanian (FP) mulai menerapkan sistem pengisian kartu rencana studi (KRS) secara online. Seperti diungkapkan Pembantu Dekan (PD) I FP Hasanuddin, alasan diterapkannya hal tersebut untuk menaati surat edaran Pembantu Rektor (PR) I tentang Heregistrasi Online KRS mahasiswa USU semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.

Menurut Hasanuddin, pemberlakuan sistem pengisian KRS secaraonline ini dianggap satu sistem yang bagus apabila semua mahasiswa berlaku jujur. “Sayangnya, banyak masalah yang timbul dalam pemakaian sistem ini,” tambahnya. Misalnya, mahasiswa yang tidak bertemu dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) selama empatsemester sehingga memilih mata kuliah yang tidak keruan, bahkan ada yang sampai memalsukan tanda tangan dosen PA mereka.

Sebelumnya FP menggunakan sistem pengisian KRS secara manual.Hasanuddin menilai dengan sistem ini dapat dipastikan bahwa semua mahasiswa benar-benar menjumpai dosen PA mereka.

Sri Sartika, mahasiswa FP 2009 sepakat sistem pengisian KRS secaraonline memiliki kekurangan seperti yang disampaikan Hasanuddin. Namun ia menilai sistem ini juga punya kelebihan dalam efisiensi waktu.“Setelah diisi tinggal minta tanda tangan dosen PA  tanpa harus lama lama mengantri,” ujarnya.

Ditambahkan Hasanuddin, ke depannya akan ada evaluasi terhadapsistem ini.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).