BOPM Wacana

FP Akan Bentuk Dewan Integritas Akademik dan Etika Perilaku

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

Gedung dekanat Fakultas Pertanian, Jumat (8/5). | Amelia Ramadhani
Gedung dekanat Fakultas Pertanian, Jumat (8/5). FP Akan Bentuk Dewan Integritas Akademik dan Etika Perilaku. | Amelia Ramadhani

BOPM WACANA | Fakultas Pertanian (FP) akan membentuk dewan integritas akademik dan etika perilaku mahasiswa. Dewan ini akan dibentuk sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan mahasiswa terkait masalah akademik dan etika perilaku mahasiswa. “Jadi kalau ada masalah enggak langsung ke tingkat fakultas,” ujar Luhut Sihombing, Wakil Dekan III FP, Senin (21/9).

Luhut jelaskan selama ini jika ada masalah di fakultas, mahasiswa selalu melaporkan pada pimpinan fakultas atau pun jurusan. Dengan dibentuknya dewan integritas akademik dan etika perilaku mahasiswa diharapkan masalah mahasiswa seperti mencontek, plagiat, dan perpeloncoan dapat diselesaikan dewan integritas tanpa melalui campur tangan dekanat. “Harus bisalah diselesaikan mereka (dewan integritas akademik dan etika perilaku mahasiswa—red),” ujarnya.

Luhut bilang dewan integritas akademik dan etika perilaku rencananya akan dibentuk pada Oktober mendatang, sebab belum dilakukan pemilihan siapa yang akan menjadi anggota dewan.

Trisna Levia Tarigan, Mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahuta) 2012 menanggapi baik rencana ini. Ia bilang walaupun Fahuta telah menjadi fakultas, tapi untuk masalah-masalah kampus masih diselesaikan oleh dekanat FP. “Semogalah bisa lebih tegas,” ujarnya. Ia berharap dewan yang dibentuk bisa bekerja lebih baik dan dapat memberikan bukti nyata hasil kerjanya dengan mampu menyelesaikan masalah mahasiswa.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).