BOPM Wacana

FKM Targetkan Akreditasi A Sarjana dan Pascasarjana

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Ika Putri Agustini Saragih

Mahasiswa FKM beraktivitas di Sanggar FKM, Kamis (6/3). | Yulien Lovenny Ester G
Mahasiswa FKM beraktivitas di Sanggar FKM, Kamis (6/3). | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Menjelang reakreditasi April mendatang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) targetkan akreditasi A untuk program sarjana dan pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat. Hal ini disampaikan Dekan FKM Surya Utama, Selasa (18/3). “S1 dan S2 kan sudah berpuluh tahun berdiri,” ungkapnya.

Surya katakan tidak ada kendala berarti dalam penyusunan borang kali ini. Karena dibanding tahun lalu, menurutnya fasilitas yang sudah tersedia di FKM saat ini sudah cukup menunjang untuk dapatkan akreditasi A. “FKM merupakan salah satu yang paling lengkap soal sarana dan prasarana,” pungkasnya.

Selain itu, tiga tahun belakangan FKM juga sediakan dana swadaya untuk salah satu kriteria penilaian akreditasi, yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Surya bilang dana yang disediakan universitas tidak terlalu mencukupi. “Dari SPP mahasiswa kita siapkan anggaran sendiri untuk ini. Rp 100 juta untuk penelitian dan Rp 100 juta untuk pengabdian masyarakat, ” tuturnya.

Safrizal, mahasiswa pascasarjana FKM 2012 menyambut baik perihal reakreditasi ini. Ia berharap reakreditasi kali ini segera terealisasi. Safrizal menuturkan akreditasi C yang terakhir menyulitkan tamatannya memeroleh pekerjaan. “Pengennya dapat A, sih. Tapi kalau melihat dari perkembangan sekarang sepertinya B,” ujarnya.

Sementara untuk S-3 FKM ditargetkan peroleh akreditasi B sebab tak ingin muluk-muluk mengingat S-3 FKM belum punya alumni.

Adapun akreditasi B program sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat kedaluwarsa September nanti. Sedang program pascasarjana kedaluwarsa September 2016.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).