BOPM Wacana

FKep Ikut Aturan Rektorat Satukan Kantin

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Gio Ovanny Pratama

Nurmala, petugas kebersihan membersihkan pekarangan Unit Pelayanan Mahasiswa di Jl Prof Maas, Kamis, 9 Januari. Unit Pelayanan Mahasiswa merupakan salah satu alternatif penyatuan kantin. | Yulien Lovenny Ester G
Nurmala, petugas kebersihan membersihkan pekarangan Unit Pelayanan Mahasiswa di Jl Prof Maas, Kamis, 9 Januari. Unit Pelayanan Mahasiswa merupakan salah satu alternatif penyatuan kantin. | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Fakultas Keperawatan (FKep) menyatakan ikuti aturan rektorat perihal penyatuan kantin untuk beberapa fakultas yang berdekatan. Hal ini disampaikan Pembantu Dekan II FKep Evi Karota Bukit. Menurutnya penyatuan kantin adalah solusi yang bagus mengingat beberapa fakultas cukup berdekatan lokasinya. Hal ini akan berdampak pada tak ada lagi penjual-penjual liar yang tak bisa dikontrol dari segi keamanan dan kesehatan makanannya. “Semua mahasiswa sekarang makan di kantin dekat gedung pasca itu,” kata Evi.

Terkait hal itu maka Fkep sendiri tak akan membangun kantin di fakultas sendiri, sebab memang aturannya dekanat tak punya campur tangan dalam hal pengadaan kantin fakultas. Menurut Evi kalau pun ada kantin yang pakai nama fakultas keperawatan itu merupakan punya universitas. “Mereka hanya pakai nama fakultas saja, tapi mereka bayar sewanya ke universitas,” katanya.

Menurut pengakuan Evi sejauh ini belum ada keluhan dari mahasiswa mengenai kantin terpusat itu, buktinya masalah ini belum pernah dibahas di dekanat. “Saya lihat mahasiswa senang kok, kalau masalah harga kan relatif sesuai harga dan selera,” katanya.

Namun hal berbeda disampaikan oleh Gubernur Pemerintahan Mahasiswa FKep, Tengku Widia Naralia. Menurutnya dengan diberlakukannya sistem pemusatan seperti ini akan berdampak buruk dalam hal kenyamanan, misalnya jika waktu makan siang serempak maka semua mahasiswa bakal menyerbu tempat yang sama, “Selain itu dari segi harga juga terlalu mahal,” ungkapnya.

Sebelumnya, USU berencana menyatukan beberapa kantin fakultas yang berdekatan di satu tempat, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi dan FKep.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).