BOPM Wacana

Drama Singkat Si Manusia Baja

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Andika Syahputra

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Judul: Man of Steel

Sutradara: Zack Snyder

Pemain: Henry Cavill, Michael Shannon, Diane Lane, Kevin Costner, Russell Crowe

Tahun Rilis: 2013

Durasi: 143 menit

Dalam film-film sebelumnya tak banyak dibuka kisah Superman di Krypton. Tapi tidak dengan film ini.

Man of Steel adalah film remake dari seri film Superman. Film ini digarap Zack Snyder, yang memang dikenal ahli dalam menyutradarai film aksi. Film ini menampilkan kisah hidup Superman dari lahir sampai dia bekerja di Daily Planet.

Film bermula saat planet Krypton berada di ambang kehancuran karena sumber daya alamnya yang terus dieksploitasi. Jor-El (Russell Crowe), seorang ilmuan mencoba memberi pilihan alternatif untuk menyelamatkan Krypton kepada dewan. Namun tawarannya ditolak.

Pemimpin Militer Jenderal Zod (Michael Shannon) mengudeta para dewan karena ketidakbecusan mereka memimpin Krypton.

Tahu ras mereka dalam bahaya, Jor-El mengirim anaknya Kal-El (Henry Cavill) ke Bumi setelah menyatukan selnya dengan kode genetik seluruh warga Krypton. Hinggak akhirnya Jenderal Zod menangkap Jor-El karena tidak mau kompromi dengan gerakan kudeta.

Setelah kapalnya mendarat di Smallville, Kansas, Kal-El diadopsi Jonathan (Kevin Costner) dan Martha Kent (Diane Lane) lalu diberi nama Clark. Karena kekuatan supernya, Clark diasingkan oleh orang sekitarnya. Melihat itu, Jonathan menasihati Clark agar tidak menggunakan kekuatannya ketika berada di sekitar orang lain. Setelah Jonathan meninggal, Clark hidup nomaden.

Dalam perjalanannya, Clark tahu pemerintah Amerika Serikat menemukan kapal alien di Kutub Utara. Dia pun bergabung dengan militer Amerika Serikat untuk bisa pergi ke sana. Diam-diam, Clark menyalakan kapal.

Di situ dia bertemu ayahnya, Jor-El. Semua hal tentang planet Krypton diceritakan pada Clark dan berharap Clark bisa menjadi jembatan antara dua dunia.

Kapal yang dinyalakan Clark ternyata mengirimkan sinyal darurat ke kapal Jenderal Zod. Mereka yang sedang mencari koloni warga Krypton di planet lain, langsung mendatangi sinyal itu ke Bumi. Tiba di Bumi, Jenderal Zod mengancam akan menghancurkan Bumi kalau tidak menyerahkan Clark yang memiliki gen warga Krypton.

Clark menyerah. Pasukan militer Amerika Serikat menyerahkan Clark kepada Jenderal Zod. Tapi berkat bantuan hologram Jor-El yang ada di kapal Jenderal Zod, ia berhasil kabur. Jenderal Zod mencoba menjadikan Bumi sebagai hunian baru warga Krypton. Secara ekologi, tidak akan cocok untuk manusia.

Hanya ada Jenderal Zod sekarang dengan kekuatan barunya. Clark, sang Superman terpaksa membunuhnya ketika Jenderal Zod mengancam akan membunuh warga Bumi yang ada di dekat mereka. Setelah itu, Clark menjalani hidup dengan pekerjaan barunya sebagai reporter.

Ada yang beda dalam film ini dibanding seri-seri Superman sebelumnya. Film ini lebih naratif dalam menampilkan kisah hidup Superman. Terlihat dari uraian kehidupan Superman dari lahir di Krypton sampai dia bekerja sebagai reporter di Bumi yang diceritakan rinci dan berurutan.

Sebelumnya, lebih banyak ditampilkan aksi-aksi dengan efek visual yang membahana. Tapi menurut saya justru film ini lebih menarik. Latar belakang Superman selama di planet Krypton yang misterius dimunculkan hanya dalam satu film, jadi kita tak perlu melihat seri film Superman yang lain untuk mengetahuinya.

Dengan teknologi liquid geometry, film ini menampilkan efek visual yang canggih. Bahkan pada saat adegan awal yang menampilkan kehidupan planet Krypton; lingkungannya terlihat sangat natural. Mulai dari panorama, makhluk hidup, sampai mesin berteknologi canggih.

Terlepas dari lihainya Zack Snyder menggarap film ini, Man of Steel kurang menampilkan adegan romantisme dan kesenangan. Padahal hubungan pahlawan super dengan kekasihnya biasanya menjadi bagian yang ditunggu-tunggu. Suasana tegang dan kelabu sejak awal film menjadikan film ini monoton.

Untung saja itu diselamatkan dengan jalan cerita yang dalam dan lain dari yang lain. Karena di film ini kita akan mengetahui bagaimana Superman mendapatkan kekuatan supernya, dan kenapa dia menjadi lemah saat berada di lingkungan planet Krypton yang merupakan tempat lahirnya.

Film ini wajib ditonton karena suguhan kisah hidup manusia baja diberikan dalam waktu yang singkat dengan berbagai visual efek yang membahana. Jadi kita tak perlu membaca keseluruhan komiknya atau seluruh seri film lawas tentang Superman hanya untuk mengetahui latar belakangnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).