BOPM Wacana

Daftar Ulang, Calon Mahasiswa Baru Harus Terbukti Bebas Narkoba

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Adinda Zahra Noviyanti

Prof Runtung Sitepu menyampaikan perihal peneriman mahasiswa baru USU pada jumpa pers, Selasa (28/6) di Ruang Senat Lantai III Biro Rektor USU. | Vanisof Kristin Manalu
Rektor USU Prof Runtung Sitepu menyampaikan perihal peneriman mahasiswa baru USU pada jumpa pers, Selasa (28/6) di Ruang Senat Lantai III Biro Rektor USU. | Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA – USU menambahkan satu persyaratan calon mahasiswa baru yaitu melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) saat melakukan pendaftaran ulang. Hal ini bertujuan untuk membuktikan calon mahasiswa baru bebas narkoba dan menghindari tersebarnya narkoba di kalangan mahasiswa. “Lebih baik yang sudah terindikasi pengguna tidak kita terima,” ujar Rektor USU Prof Runtung Sitepu dalam temu pers di Ruang Senat Gedung Biro Rektor USU, Selasa (28/6).

Lebih lanjut, Prof Runtung mengatakan SKBN tersebut merupakan anjuran dari Badan Narkotika Nasional. Persyaratan tersebut telah diterapkan pada setiap proses pendaftaran ulang. Di antaranya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi.

Surya Prayoga, calon mahasiswa baru yang lulus Jurusan Pertanian jalur SNMPTN sependapat dengan Prof Runtung. Namun ia mengaku terbebankan dengan syarat tersebut. Meski pemeriksaan dilakukan di rumah sakit pemerintah, ia tetap harus membayar sebesar Rp130.000 sebab Kartu Indonesia Sehat  yang dimilikinya tak berlaku untuk pemeriksaan kesehatan.

Menurutnya, USU seharusnya berkoordinasi dengan rumah sakit pemerintah agar tidak memberatkan calon mahasiswa. “Karena lumayan besar untuk saya,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).