BOPM Wacana

Bus Kampus Tak Miliki Jadwal Operasi Teratur

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Apriani Novitasari

BOPM WACANA   Bus kampus tak memiliki jadwal pengoperasian ya

Foto: Aulia Adam
Foto: Aulia Adam

ng teratur. Bus kampus beroperasi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dalam lingkup aktivitas akademik. Hal ini yang menyebabkan bus kampus belum beroperasi sampai saat ini. Hal tersebut dikatakan Pegawai Bagian Aset yang menangani jadwal pengoperasian bus kampus Abdul Hakim, Kamis (29/8). Menurutnya, bus kampus saat ini belum terlalu dibutuhkan mahasiswa mengingat jadwal aktif kuliah jatuh pada Senin (2/9).

Hakim menambahkan, ia dan pihaknya telah melakukan pemantauan pada beberapa titik halte bus kampus dan jarang menemukan mahasiswa yang sungguh-sungguh menunggu bus kampus. “Jadi kalau dijalankan sekarang belum penting kali, daripada terjadi pemborosan bensin,” katanya.

Ia juga mengaku akibat tidak memiliki jadwal pengoperasian yang teratur,  seminggu setelah Ujian Akhir Semester (UAS) berakhir bus kampus tetap berjalan, dengan pertimbangan masih banyak mahasiswa yang berkepentingan di kampus. “Cuma jalannya satu hari satu bus.Enggak semua,” tambahnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Nico Handani Siahaan mengatakan pihak universitas tidak salah belum mengoperasikan bus kampus, mengingat minggu depan masa aktif perkuliahan baru dimulai. Namun menurutnya, pihak universitas seharusnya lebih bijak untuk melihat antusiasme mahasiswa yang memiliki keperluan di kampus, seperti pengisian krs.  “Sehingga bus kampus harus dioperasikan, walaupun belum memasuki masa kuliah aktif,” katanya.

Nico juga mengatakan  seharusnya pihak universitas lebih memahami kapan pemakaian bus kampus yang efektif. Mengingat pihak universitas yang mengatur dan mengerti  tentang jadwal di kampus.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).