BOPM Wacana

Banjir Sambut Wisuda Hari Ketiga

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Fredick Broven Ekayanta Ginting

Suasana di depan Fakultas Ilmu Budaya USU pada Rabu pagi, 25 November. Ini merupakan banjir kedua yang terjadi di USU dalam rentang waktu dua bulan terakhir.
Seorang mahasiswa menyeberangi jalan menuju Fakultas Ilmu Budaya pada Rabu pagi, 25 November. Ini merupakan banjir kedua yang terjadi di USU dalam rentang waktu dua bulan terakhir. | Sri Wahyuni Fatmawati Pulungan

BOPM WACANA | Hari ketiga wisuda periode IV 2015 USU sejumlah titik di USU dan sekitaran USU dilanda banjir. Beberapa titik banjir di antaranya di Jalan Dr Mansyur, Sumber, dan Jalan Universitas. Banjir ini diakibatkan hujan yang mengguyur kawasan USU, Selasa (24/11) malam. Akibatnya sejumlah wisudawan dan keluarga wisudawan mengeluhkan kondisi ini.

Alumnus Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) 2011 Anthonius merasa kecewa karena setiap hujan lebat kawasan USU sering banjir. Sehingga kerap mengganggu berbagai aktivitas dan kegiatan yang berlangsung di USU seperti perkuliahan dan wisuda hari ini. “Parah kali, padahal hujannya kemarin,” ujarnya. Banjir pun mengakibatkan pakaian yang dikenakan Anthonius kotor karena harus melewati genangan air saat menuju Auditorium.

Sementara itu, Bahrun Amin salah satu keluarga wisudawan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) juga mengalami kendala saat menuju Auditorium USU. “Hampir saja enggak bisa ikut wisuda, hampir saja mobil mogok,” sesalnya. Pasalnya, air di Jalan Dr Mansyur masih menggenang cukup tinggi dan jalan dipadati kendaraan. Ia berpendapat banjir di USU diakibatkan draniase USU bermasalah dan Bahrun berharap permasalahan drainase segera dibenahi yang berwenang.

Alumnus FISIP Nico Adhiputra Tarigan mengatakan hujan berlangsung sekitar pukul setengah 9 hingga 11 malam kemarin. Ia berpendapat berbeda, menurutnya drainase yang bermasalah adalah drainase di luar USU. “Kan USU punya parit di mana-mana dan besar,” ujarnya. Namun, di luar USU paritnya kecil, sehingga air hujan dari luar masuk dan menggenangi USU. Menurutnya ini tugas Pemerintah Kota Medan untuk segera membenahi drainase jalan di sekitaran USU.

Hingga berita ini dinaikkan belum ada tanggapan dari rektorat.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).