BOPM Wacana

BKK USU Akan Pindahkan Sekretariat UKM

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Febri Rahmania

foto UKM
Plang nama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan (Kompas), Kamis (15/1). Pihak rektorat mengeluarkan surat edaran ke seluruh UKM perihal kebersihan tiap UKM. | Wenty Tambunan

USU, wacana.org/arsip — Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) rencanakan pemindahan gedung sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) se-USU. Kepala BAK Hindun Pasaribu, Jumat (16/1) bilang rencananya sekretariat seluruh UKM akan diletakkan pada satu kompleks yang sama, yakni di kompleks Lembaga Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LPPM). Hal ini merupakan program kerja BKK USU 2015.

Hindun bilang rencana tersebut tercantum dalam Rencana Strategis (Renstra) USU 2015-2019. USU akan mengubah penataan kampus sehingga menjadi rumah kedua bagi civitas academica atau tenaga kependidikan. “Kampus jadi pusat kegiatan mengembangkan diri, belajar, dan kerja,” paparnya.

Dimas Reo Wahyudi, anggota UKM Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan (Kompas) menolak rencana pemindahan ini. Menurutnya, gedung sekretariat Kompas USU sudah berdiri sejak lama dan banyak sejarahnya. Pun, sudah ada sarana panjat tebing permanen. “Ya kita menolak, enggak mungkin kita tinggalkan,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Hindun bilang pelaksanaannya masih tahap perencanaan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan. “Masih jauh itu (pelaksanaan pemindahan UKM—red )”, tegasnya. Saat ini yang diutamakan adalah pengawasan pemeliharaan oleh masing-masing UKM.

Sebelumnya, BKK telah melihat kondisi sepuluh sekretariat UKM dari 26 UKM yang ada. Sepuluh UKM tersebut yaitu Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa), Pers Mahasiswa SUARA USU, Kompas, Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi (Gamadiksi), Marching Band, Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ad Dakwah, USU Society for Debating (USD), Pemerintahan Mahasiswa USU dan UKM Robotic Sikonek.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).