BOPM Wacana

Aktifkan Kembali Pema FKM, Pema USU Akan Bentuk KPU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Shella Rafiqah Ully

Aldi
Aldy Saputra, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan memberikan keterangan pengaktifan Pema FKM, Senin (19/1). Pema USU akan bentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) FKM untuk adakan pemilihan raya di FKM. | Wenty Tambunan

BOPM WACANA | Sebagai upaya mengaktifkan kembali pemerintahan mahasiswa (pema) di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang vakum sejak 2012, Pema USU akan membentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Pema USU Aldy Saputra, Senin (19/1).

Aldi bilang aktifnya Pema FKM merupakan salah satu target pema untuk memperbaiki sistem organisasi yang selama ini tidak terstruktur terutama pema. “Kan pema harus ada di setiap fakultas,” ujar Aldi.

Aldi berujar Pema USU sudah beritahukan Dekan FKM lewat surat pemberitahuan terkait rencana pembentukan KPU. Pun, surat pemberitahuan rekrutmen terbuka sudah ditempel di majalah dinding fakultas. Hal ini dilakukan sesuai timeline yang telah dibuat, pendaftaran dibuka mulai 20 hingga 30 Januari. “Tanggal 1 Februari SK (Surat Keputusan—red) KPU FKM sudah keluar,” paparnya.

Meutia Reza Syahlefi, Mahasiswa FKM 2011 sambut baik langkah Pema USU. Menurutnya, ini merupakan langkah nyata pema membuat FKM kembali punya wadah penampung aspirasi mahasiswa. Ia bilang sebab vakumnya pema selama ini, tak banyak kegiatan yang diadakan di FKM. “Baguslah,” ujarnya.

KPU nantinya akan melaksanakan pemilihan raya di FKM untuk memilih gubernur-wakil gubernur dan membentuk pema. Ia menambahkan, pembentukan pema di FKM berkaitan dengan Kongres Pema USU Maret mendatang. Kongres harus dihadiri oleh semua perwakilan pema fakultas.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).