BOPM Wacana

Akreditasi S-1 FKM Kedaluwarsa

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Ferdiansyah

Mahasiswa FKM beraktivitas di Sanggar FKM, Kamis (6/3). | Yulien Lovenny Ester G
Mahasiswa FKM beraktivitas di Sanggar FKM, Kamis (6/3). | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU saat ini belum punya akreditasi untuk program sarjana yang habis per tanggal 11 September. Pasalnya, borang yang dua hari lalu dikirim ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tengah dalam proses pemeriksaan. “Tinggal tunggu visitasi dari BAN-PT sekarang, semoga cepat prosesnya,” pungkas Wakil Dekan I Zulhaida Lubis, Jumat (14/11).

Zulhaida menjelaskan pihaknya butuh banyak persiapan untuk reakreditasi ini. Oleh karena itu proses menyiapkan borang baru bisa dimulai September lalu.  FKM pun baru bisa mengirim borang ke rektorat sekitar dua minggu lalu untuk diperiksa asesor USU.

Zulhaida bilang proses pengajuan reakreditasi juga tak bisa dilaksanakan tergesa-gesa dan asal-asalan. Dikarenakan borang yang dikirim ke BAN-PT tetap atas nama USU dan jadi pertanggungjawaban USU. “Ini kan bawa nama USU jadi enggak mungkinlah yang masih jelek kita kirim. Makanya ada asesor di tingkatan universitas,” tuturnya.

Untuk masa pengajuan, Zulhaida bilang proses di BAN-PT tidak bisa diprediksi apakah cepat atau lambatnya. “Ada kan yang udah ngajuin setahun lebih tapi belum diproses. Kita berharap secepatnyalah, paling enggak tahun depan udah ada,” terangnya.

Erikka Panjaitan, mahasiswa FKM 2010 khawatir dengan belum jelasnya akreditasi FKM. Erikka yang tengah dalam proses akhir studi merasa ini akan berpengaruh ke saat mulai masuk ke dunia kerja. “Enggak diterima pula nanti. Tapi tetap jalani aja enggak mesti nunggu akreditasi juga baru selesai dari sini (FKM—red),” akunya.

Menanggapi hal seperti ini, Zulhaida mengatakan tak ada masalah bagi mahasiswa yang akan selesai studi dalam waktu dekat. “Bisa kasih surat keterangan dari fakultas, bisa pakai akreditasi yang lama, atau juga bisa pakai akreditasi USU. Itu arahan dari WR (Wakil Rektor—red) I,” tambahnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).