BOPM Wacana

Ajarkan Siswa SMA Atasi Bencana, Pramuka USU Adakan Galipatra

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rizky Adrian

Beberapa peserta sedang memotong bambu untuk mendirikan tenda, Rabu (31/8), di Halaman Pendopo USU. | Rizky Adrian
Beberapa peserta sedang memotong bambu untuk mendirikan tenda, Rabu (31/8), di Halaman Pendopo USU. | Rizky Adrian

BOPM WACANA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka USU mengadakan Gala Aksi Penegak Sumatera (Galipatra) 2 mulai 1 hingga 4 September 2016 di Pendopo USU. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan peserta yang berasal dari sekolah menengah atas (SMA) semua hal dalam mengatasi bencana kebaran dan gempa bumi. “Kita melihat juga perkembangan di Sumatera khususnya masalah atau bencana adalah kebaran dan gempa bumi,” ucap Roni Hikmah Ramadhan, Ketua Panitia Galipatra 2 Jumat (2/8).

Roni menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 16 sangga yang terdiri enam hingga tujuh orang per sangga. Setiap sangga akan mengikuti simulasi yang diberikan oleh anggota pemadam kebakaran (Damkar) Sumatra Utara seperti teknik memegang selang dengan benar dan memadamkan api yang dibina oleh komandan kebakaran dan seminar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara yang disampaikan oleh Wakil Bidang Logistik di Pendopo USU.

Sefrio Kurniawan, peserta asal SMA Negeri 1 Kotanopan mengatakan ikut kegiatan ini karena ingin menambah ilmu pengetahuan dalam pramuka. “Seperti semaphore, BPDB, kebakaran, dan gempa bumi,” ujarnya. Pun, ia akan menerapkan lagi ilmu yang didapat kepada adik-adik kelasnya.

Roni menambahkan, sebelumnya Galipatra 1 diadakan pada tahun 2007 yang pada saat itu hanya terfokus dengan lomba saja.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).