BOPM Wacana

Ada UKT, Matrikulasi Dihapus

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Ridho Nopriansyah

Ratusan mahasiswa baru yang lulus jalur SNMPTN melakukan pelaporan berkas di Pendopo USU, Selasa (18/6).| Rida Helfrida Pasaribu
Ratusan mahasiswa baru yang lulus jalur SNMPTN melakukan pelaporan berkas di Pendopo USU, Selasa (18/6).| Rida Helfrida Pasaribu

BOPM WACANA | Pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT) untuk USU stambuk 2013 sebabkan matrikulasi untuk mahasiswa baru yang lulus lewat jalur Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dihapus. Hal ini terpaksa dilakukan karena universitas tidak diperkenankan mengutip biaya apa pun selain uang kuliah mahasiwa. Pernyataan ini disampaikan Pembantu Rektor (PR) I, Prof Zulkifli Nasution, Selasa (18/6).

Masih menurut Prof Zulkifli, sebelumnya sempat ada perbedaan pandangan saat wacana penghapusan matrikulasi tahun ini dicuatkan mengingat esensi matrikulasi untuk penyamarataan materi awal perkuliahan. Namun, USU tidak memiliki konsep tepat untuk pengadaan matrikulasi “Mau gimana lagi. Tahun ini tidak ada matrkulasi,” tegas Prof Zulkifli.

Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Zakaria juga membenarkan penghapusan matrikulasi. Walau sempat menolak untuk dihapus, ia memang tidak memiliki rumusan bagaimana cara menyelenggarakan matrikulasi. Dua tahun terakhir USU menetapkan Rp 500 ribu untuk biaya matrikulasi selama sebulan penuh. “Matrikulasi itu butuh biaya, UKT tidak menanggung itu,” tegas Zakaria.

Dengan demikian, matrikulasi dihapus dari rundown penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Sebelumnya USU merilis rundown dan menetapkan tanggal 8 Juli-3 Agustus 2013 mendatang sebagai waktu pelaksaan matrikulasi.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).