BOPM Wacana

RS USU Beroperasi Penuh pada 28 Maret

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Rumah Sakit (RS) USU di Jalan Dr. Mansyur Nomor 9, Padang Bulan Medan, Jumat (2/10).| Yulien Lovenny Ester Gultom
Rumah Sakit (RS) USU di Jalan Dr Mansyur Nomor 9, Padang Bulan Medan, Jumat (2/10/15).| Yulien Lovenny Ester Gultom

BOPM WACANA | Rumah Sakit USU akan beroperasi secara penuh pada Senin, 28 Maret mendatang. Pengoperasian ini baru terlaksana sebab dana yang dibutuhkan baru diperoleh setelah pengesahan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) USU 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Hal ini disampaikan Prof Chairul Yoel, Direktur Utama RS USU, Kamis (24/3).

Prof Yoel sampaikan setelah beroperasi masyarakat bisa berobat ke RS USU. Jika ada pasien yang berobat menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan akan dilayani setara dengan pasien yang berobat tanpa menggunakan BPJS. Pun, penggunaan BPJS dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Prof Yoel tambahkan dana yang dibutuhkan untuk operasional awal sebanyak Rp 10 miliar yang berasal dari RKA 2015, dengan rincian enam miliar untuk biaya perawatan peralatan dan empat miliar untuk biaya barang habis pakai. “Sebenarnya ini masih kurang, tapi untuk operasional kita cukupkanlah,” ungkapnya.

Prof Runtung Sitepu, Rektor USU membenarkan dana yang dibutuhkan masih kurang, sebab untuk RS USU tahun ini dalam RKA telah dianggarkan sebanyak Rp 20 miliar. Pun, sebagai solusi Prof Runtung sampaikan dana akan diberikan secara bertahap.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).