BOPM Wacana

USU Rencana Satukan PMB

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Debora Blandina Sinambela

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

BOPM WACANA  Dalam Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2013 nanti, USU berencana menyatukan PMB seluruh fakultas. Penyatuan ini dilakukan agar mahasiswa baru saling mengenal sehingga tercipta rasa saling memiliki meski berbeda fakultas. “Penyatuan ini diharapkan mengurangi egosentris fakultas dan mengurangi potensi konflik saat PMB,” ujar Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kealumnian Haris Wijaya.

Lebih lanjut Haris menjelaskan Penyatuan ini rencananya dilakukan di awal PMB dan saat penutupan sehingga PMB di fakultas tetap dilakukan. Selain itu pemerintahan mahasiswa (pema) fakultas tetap dilibatkan dalam PMB nantinya.

Untuk PMB kali ini, USU akan menetapkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Aturan ini sebagai patron bagi tiap fakultas, misalnya jam kumpul dan pernak-pernik yang digunakan. Jam kumpul diatur tidak terlalu pagi dan jam pulang tidak terlalu malam. “Jam-jam yang luput dari pengawasan dosen kita kurangi untuk mencengah kekerasan fisik maupun verbal oleh senior yang tidak bertanggung jawab. Penggunaan asesoris berlebihan juga akan dikurangi,” tegas Haris.

Beberapa kegiatan selama PMB turut dirancang seperti ajang pencarian bakat dari setiap fakultas. Nantinya bakat-bakat ini akan ditampilkan di hari terakhir PMB kemudian dipilih yang terbaik untuk diberi penghargaan. “Supaya mereka memiliki kebanggan tersendiri sebagai mahasiswa baru,” jelas Haris.

Gubernur Fakultas Ekonomi (FE), Brilian Amiel Rasyid menilai gagasan penyatuan PMB ini mampu menjadi wadah pembauran antar fakultas. Ia mengatakan gagasan ini juga sudah pernah dilakukan tahun lalu namun FE tidak mengikutinya. “Tahun ini FE akan bergabung di PMB nanti,” ujar Brilian.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).