BOPM Wacana

USU Terima 3750 Mahasiswa Jalur SNMPTN

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Aulia Adam

Pengumuman SNMPTN 2013 terlampir pada Harian KOMPAS yang terbit Selasa, 28 Mei 2013. | Andika Syahputra 
Pengumuman SNMPTN 2013 terlampir pada Harian KOMPAS yang terbit Selasa, 28 Mei 2013. | Andika Syahputra

BOPM WACANA | USU menerima 3.750 mahasiswa baru dari total kursi 3.969 yang tersedia melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 27 Mei lalu. Total tersebut merupakan jumlah keseluruhan yang diterima untuk 47 program studi S1 yang tersedia di USU. Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat USU Bisru Hafi, Selasa (4/6).
Bisru menambahkan, calon mahasiswa yang telah lulus seleksi nantinya akan melakukan pelaporan pada  18-19 Juni di Gelanggang Mahasiswa. Jadwal tersebut sengaja disesuaikan dengan jadwal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Sudah ketentuan dari Dirjen Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi –red), supaya tidak ada yang dapat kursi ganda dalam seleksi ini,” tambah Bisru.
Dijelaskan Bisru, kuota mahasiswa untuk SNMPTN tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Hal ini sesuai dengan keputusan Dirjen Dikti yang mengganti nama jalur SNMPTN Undangan menjadi SNMPTN saja. “Secara proses sebenarnya SNMPTN sekarang  mirip dengan jalur undangan tahun lalu. Kalau SBMPTN itu sama dengan jalur SNMPTN tertulis tahun lalu,” ujarnya.
Sementara untuk persiapan SBMPTN selaku panitia lokal, USU tengah menyiapkan sejumlah persiapan teknis. Diantaranya panitia pengawas dan tempat pelaksanaan ujian. Hingga 4 Juni, jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN tercatat sebanyak 20.939. Dengan rincian 10.085 untuk jurusan Sains dan Teknologi (Saintek), 6.125 untuk Sosial dan Humaniora (Soshum) dan 4.728 untuk jurusan campuran.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).