BOPM Wacana

USU Jadi Tuan Rumah Pertemuan Kreatif Mahasiswa Seni Se-Sumatera

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amelia Ramadhani

Perwakilan Mahasiswa Universitas Negeri Padang sedang menampilkan Tobo, Selasa (19/4). |Amelia Ramadhani
Perwakilan Mahasiswa Universitas Negeri Padang sedang menampilkan Tobo, Selasa (19/4). |Amelia Ramadhani

BOPM WACANA – USU menjadi tuan rumah pertama acara Pertemuan Kreatif Mahasiswa dan Karya Inovatif Lembaga Seni Pertunjukan se-Sumatera. USU dipilih karena merupakan satu-satunya universitas yang memiliki Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni di Sumatera. Hal ini disampaikan oleh Halomoan Tampubolon, Ketua Panitia Pertemuan Kreatif Mahasiswa dam Karya Inovatif Lembaga Seni Pertunjukan di Pendopo USU, Selasa (19/4).

Halomoan mengatakan, awalnya kegiatan ini merupakan ide beberapa dosen etnomusikologi dari berbagai universitas yang ada di Sumatera, khususnya dari Universitas Negeri Padang dan Universitas Negeri Medan. Kemudian diadakanlah musyawarah antardosen beberapa waktu lalu. “Terpilihlah USU menjadi tuan rumah pertama,” ujarnya.

Dosen Fakultas Bahasa dan Seni UNP Winbrayardi membenarkan. Ia salah satu dosen yang awalnya mengusulkan kepada Ketua Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni di USU dan dosen-dosen seni yang ada di Unimed. Berdasarkan kesepakatan awal, acara ini akan diadakan di Taman Budaya Sumatera Utara tetapi tidak jadi dan diputuskan USU menjadi tuan rumah pertama. “Saya yang usul sama Pak Ikhwan (Ketua Pascasarjana dan Pengkajian Sastra-red) dan beliau asesekan,” pungkasnya.

Halomoan menambahkan, acara perdana ini hanya dihadiri oleh enam universitas dan kurang diketahui penyebabnya. Namun, ia dan Win berharap tahun depan seluruh universitas yang memiliki jurusan seni di Sumatera akan hadir pada acara yang diadakan di Universitas Almuslin Bireun, Aceh.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).