BOPM Wacana

TPS USU Beroperasi Januari 2014

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Gio Ovanny Pratama

Gedung Biro Rektorat USU.| Andika Syahputra
Gedung Biro Rektorat USU.| Andika Syahputra

BOPM WACANA  Tempat pembuangan sampah (TPS) USU yang terletak di Simpang Tembok Kampung Susuk mulai beroperasi Januari tahun depan. Menurut Pejabat Pembuat Komitmen Suhardi, hal ini disebabkan operasional TPS USU perlu menunggu lengkapnya beberapa fasilitas penunjang yang dibutuhkan.

Beberapa fasilitas yang masih diperlukan adalah enam unit becak pengangkut sampah yang dilengkapi bak, kemudian pembangunan bak sampah di tiap fakultas dan beberapa titik di USU. Sejauh ini bak sampah yang telah dibangun baru enam unit yakni di Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Asrama Putri. “Target kami minimal satu fakultas punya satu,” kata Suhardi.

Menurut Luthfi Hakim, Kepala Divisi Lingkungan dan Lansekap USU ASRI, enam bak sampah yang telah ada adalah bagian dari 21 bak sampah yang akan dilanjutkan pembangunannya tahun depan karena tak cukup waktu menyelesaikannya di akhir 2013 ini. Sedangkan enam unit becak pengangkut sampah tinggal menunggu realisasinya akhir tahun ini. “Kami telah ajukan ke LPSE (Lembaga Pengadaan Secara Elektronik—red), sekarang kita tunggu aja,” jelasnya.

Luthfi pun menjelaskan untuk operasionalnya nanti TPS USU bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk pengumpulan dan pengangkutan sampah. Tiap hari sampah dikumpulkan dari 21 bak sampah mengunakan becak untuk dikumpulkan di TPS USU lalu dipilah. Kemudian mobil sampah Pemko Medan menjemput untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).