BOPM Wacana

Jumlah Pemilih Pemira FP Meningkat

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Shella Rafiqah Ully

Seorang mahasiswa masukkan surat suara ke dalam kotak suara pada Pemira FP, Rabu (18/12) di FP. | Andika Syahputra
Seorang mahasiswa masukkan surat suara ke dalam kotak suara pada Pemira FP, Rabu (18/12) di FP. | Andika Syahputra

BOPM WACANA | Jumlah pemilih pada Pemilihan Raya (Pemira) Fakultas Pertanian (FP) meningkat dari tahun sebelumnya. Dari total 3.939 daftar pemilih tetap (DPT) tercatat 2033 mahasiswa ikut pemilihan. “Tahun lalu dari sekitar dua ribu lebih DPT, yang milih cuma sekitar enam ratusan,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) FP Sulvizar Musranda, Rabu (18/12).

Sulvizar bilang meningkatnya jumlah pemilih kali ini karena pemerataan informasi kepada mahasiswa. Selain itu juga karena anggota KPU adalah perwakilan dari tiap himpunan mahasiswa jurusan sehingga sosialisasinya lebih maksimal. KPU pun memasang spanduk di musala dan Aula Soeratman karena dinilai ramai mobilitas mahasiswa. Kemudian para calon pun ikut serta memaksimalkan sosialisasi. “Lewat brosur-brosur yang ditempel, mereka enggak hanya promosikan diri mereka, tapi promosikan pemira juga,” jelas Sulvizar.

Pemira FP kali ini juga berbeda dari sebelumnya. Kali ini KPU memasang tenda serta spanduk di tempat pemilihan dan surat suara yang sebelumnya hitam putih kini dicetak warna. “Supaya menarik dan jelas wajahnya,” ujarnya.

Ari Kurnia Putra, mahasiswa FP 2011 bilang meningkatnya jumlah pemilih pada pemira kali ini karena jumlah mahasiswa yang bertambah serta antusiasme mahasiswa sudah jauh lebih baik. Menurutnya sosialisasi yang dilakukan KPU selama ini juga sudah cukup baik.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).