BOPM Wacana

Tinjau Potensi Wisata Danau Toba, Jokowi Kunjungi Desa Tomok

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di Desa Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8). | Dewi Annisa Putri.
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di Desa Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8). | Dewi Annisa Putri.

Samosir, wacana.org/arsip — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengunjungi Desa Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada Minggu, 21 Agustus pagi untuk meninjau potensi wisata di pulau tersebut. “Ini adalah tempat wisata yang saya lihat paling bagus,” ujar Jokowi, Minggu (21/8) di lokasi wisata Sigale-gale.

Jokowi tiba di pelabuhan sekitar pukul sembilan pagi dan disambut oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon. Serangkaian acara dilaksanakan untuk menyambut kehadiran presiden seperti penampilan tari Tortor Cawan, serta pemberian seperangkat pakaian adat Batak Toba. Setelah itu, Jokowi juga melakukan penanaman bibit pohon bersama ratusan pelajar Samosir.

Dalam kata sambutannya, Rapidin menyampaikan kebutuhan masyarakat Samosir kepada Jokowi. Di antaranya kapal feri untuk transportasi, pembangunan pelabuhan, air bersih, listrik, dan infrastruktur, akademi pariwisata, dan pembangunan landmark Samosir yaitu patung Sigale-gale. “Mudah-mudahan kunjungan bapak dan ibu merasa nyaman. Sebagai warga daerah pariwisata, kami akan berusaha untuk memajukan,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Setelah berkunjung ke Samosir, Presiden Jokowi membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang berlangsung di sepanjang Jalan Soposurung hingga Simpang Sibulele, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).