BOPM Wacana

Tim Horas Kirim Dua Mobil dalam Kompetisi SEM Asia 2017

Dark Mode | Moda Gelap


Oleh: Yulia Pransiska

BOPM WACANA – Tim Horas mengirim dua mobil dalam kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 pada 16-19 Maret 2017 di Singapura. Dalam perlombaan ini, Tim Horas mengikuti dua kategori yaitu Prototype dan Urban Concept. “Ini tahun kedua Tim Horas main di Prototype, kami mau maksimal. Kalo di Urban Concept, itu jadi andalan kami,” ujar Mei Asalniatman Zebua, Manager Administrasi Tim Horas, Sabtu (11/3).

Mei mengatakan, kedua mobil dikirim ke Singapura pada 23 Februari lalu dengan jasa pengiriman barang. Sementara, Tim Horas sendiri akan berangkat ke Singapura pada 15 Maret mendatang. Ada empat belas anggota tim dan dua dosen pembimbing. “Kita juga butuh tim pendukung 19 orang, tapi ini masih kondisional,” tambah Mei.

Tahun ini, konsep mobil Prototype dari Tim Horas memilih ikan hiu sebagai desain badan mobil. Masih dengan ciri khas Sumatera Utara, Tim Horas akan menyematkan ulos serta menggunakan desain kepala gorgaya. Desain tersebut merupakan ukiran atau pahatan tradisional yang biasanya terdapat di dinding rumah bahagian luar dan bagian depan dari rumah-rumah adat Batak. Desain Kepala Gorga diletakkan pada atap Mesin Prototype G10. Pada Mobil Urban Concept, tetap menggunakan kepala gorgaya depan kap mobil. Kedua mobil berwarna merah dan hitam sebagai warna dominan.

Menanggapi hal ini, Mahasiswa Departemen Teknik Mesin 2013 Edo Christofel Manik berharap Tim Horas menang. “Semoga bias membawa nama baik Teknik Mesin dan USU juga.Saya selalu support Tim Horas menang. Apalagi, kerja keras mereka udah bener-bener maksimal kayak fighter sejatilah pokoknya,” ujarnya.

Mei menambahkan, SEMA merupakan kompetisi tahunan yang diadakan semenjak tahun 2012. Biasanya, peserta membuat kendaraan khusus yang memiliki efesiensi bahan bakar sebesar-besarnya. Kompetisi ini diadakan secara bergilir di satu Negara ke negara lain, seperti di Finlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, Amerika Serikat dan Malaysia. Tak hanya diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dan perusahaan kendaraan bermotor, namun juga peserta amatir yang tertarik.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).