BOPM Wacana

Sumut Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Apriani Novitasari

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

BOPM WACANA  Setelah jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 1953, kali ini Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu)nyatakan kembali siap jadi tuan rumah PON 2020 mendatang. Hal ini dinyatakan Sekretaris Daerah Sumut Nurdin Lubis dalam Forum Redaktur Sumut bertajuk PON 2020 Punya Sumut di Aula Universitas Sari Mutiara, Rabu 26 Februari.

Nurdin mengatakan beberapa persiapan jadi tuan rumah pun telah dilakukan seperti sarana dan prasarana yang sejauh ini menurut KONI pusat telah siap sekitar enam puluh persen. Agar dapat mencapai seratus persen, Pemprovsu berencana memakai tanah seluas dua ratus hektare dari perjanjian dengan PT Perkebunan Nusantara II untuk pembangunan pusat olahraga. “Sekarang tinggal tahap administrasi,”

Ketua Harian KONI Sumut Jhon Lubis mengatakan hal serupa. Menurutnya sarana dan prasarana yang dimiliki Sumut sudah lebih dari standar lima puluh persen. Namun ia mengatakan akan terus dikembangkan agar semakin banyak cabang olahraga yang dapat dipertandingkan.

Ia menambahkan, di atas kertas, Sumut unggul dari pesaing lain seperti Papua yang sarana dan prasarananya masih belum mumpuni. Sehingga, pesaing terberat Sumut hanya Jawa Tengah. Ia menegaskan, tuan rumah PON 2020 harus jatuh ke tangan Sumut. “Kalau menunggu tahun selanjutnya akan sulit, karena banyak provinsi-provinsi yang sudah berkembang,” pungkasnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).